Kejadian Langka! Unggahan Shin Tae-yong Bikin Fans Malaysia dan Indonesia Bersatu
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diserang netizen Vietnam gara-gara unggahannya di Instagram. Namun, hal tersebut justru menimbulkan hal yang sangat jarang terjadi.

Fans Malaysia dan Indonesia bersatu, saling dukung. Mereka sama-sama membela Shin yang mengunggah sebuah video pada Minggu, 8 Januari.

Dalam unggahan itu, Shin menyoroti aksi penggawa Vietnam, Doan Van Hau yang kedapatan melakukan tekel brutal terhadap Dendy Sulistyawan di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, beberapa hari lalu.

Dalam unggahan yang sama, Shi Tae-yong juga menampilkan potongan video saat Van Hau menyikut salah satu pemain Malaysia dalam laga penyisihan grup. Seperti halnya pada laga kontra Indonesia, Van Hau tidak mendapatkan sanksi dari wasit atas aksinya tersebut.

Pelatih asal Korea Selatan itu mendesak wasit agar bisa lebih jeli dalam memimpin laga.

''Tidak boleh ''usaha para pemain'' yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit,'' tulis STY sebagai keterangan unggahannya.

''Wasit dan pemain harus fair play sama. sama dan saya berharap semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini,'' lanjut tulisan tersebut.

Unggahan Shin Tae-yong itu langsung menyedot perhatian. Dia mendapat "serangan" dari fans timnas Vietnam.

Kolom komentar unggahan Shin itu juga ramai oleh netizen Indonesia yang jadi panas karena warganet Vietnam justru terkesan menyerang sang pelatih.

''Shin menggunakan cara kotor untuk melakukan provokasi Van Hau di laga besok. Shin tidak diterima di Vietnam,'' tulis salah satu pengguna yang berasal dari Vietnam.

Komentar dari para pendukung timnas Vietnam kemudian mendapatkan balasan dari para warganet Indonesia. Namun, bukan cuma itu, Shin Tae-yong juga ramai dibela oleh netizen Malaysia.

Mereka justru berpihak pada pelatih asal Korea Selatan itu karena telah mengungkap kebenaran dan ikut mendoakan kemenangan Skuad Garuda di leg kedua.

"Support your coach from Malaysia. Udah terbukti no 5 ini mainnya keras bgt. Semoga Indonesia menang lagi hari ini. Semoga doa orang terzalimi dimakbulkan, amin," kata akun @alifda***l

"Hi saya dari Malysia. Terimakasih coach STY! ini sebuah kebenaran," tutur yang lain.

"Terima kasih coach karena bersuara, salam dari Malaysia," @malaya****l

"Terima kasih coach.. saya dari Malaysia.. salam serumpun, jangan biarkan Vietnam ini meresahkan karir pemain Malaysia dan Indonesia," @4jmi.**n.