Hadapi Kamboja, Shin Tae-yong Optimistis Indonesia Menang
Tim nasional Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan memulai laga perdana fase Grup B Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja. Menjelang laga yang berlangsung 9 Desember besok, Shin Tae-yong optimistis anak asuhnya bisa meraih kemenangan.

Kepercayaan diri yang ditunjukkan pelatih timnas itu vukan tanpa alasan. Ia telah menyaksikan permainan Kamboja saat bersua Malaysia di laga sebelumnya.

Shin Tae-yong memang mengakui kekuatan Kamboja, tetapi ia lebih percaya lagi pada kemampuan dari anak-anak asuhnya dan siap tampil agresif.

"Jadi, kami akan main dengan tekanan yang lebih agresif dan menguasai bola sesering mungkin dibandingkan lawan. Banyak yang berpikir Kamboja itu bagus, jadi kami akan menyiapkan diri dengan baik, main lebih keras agar bisa menang," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual yang dihadiri VOI pada Rabu, 8 Desember.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong yang dalam optimisme tinggi ini juga percaya anak asuhnya bisa lolos dari fase Grup B yang disebut grup neraka. Kepercayaan diri itu karena sejauh ini timnas telah melakukan persiapan matang dan berkala.

“Menurut saya, dalam sepak bola semua bisa terjadi. Intinya, kami akan menyiapkan diri dengan baik untuk semua laga, baik itu lawan Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia. Sehingga, nantinya kami bisa lolos ke semifinal. Saya sangat percaya diri," ujar Shin Tae-yong menambahkan.

Dalam sesi ini, Shin Tae-yong juga memberi tanggapan soal timnas Indonesia yang diragukan jadi jawara. Tapi pelatih asal Korea Selatan ini tak ambil pusing karena di matanya timnas Indonesia terus berubah jadi lebih baik.

“Memang banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia akan lolos. Tapi, sesuai yang tadi dibicarakan, bola itu bundar. Jika banyak orang berpikir seperti itu, mau bagaimana lagi. Intinya, Indonesia sudah banyak berubah dan ada perkembangan," kata sang pelatih.