Heboh Ban Pelangi Khas LGBT di Piala AFF, PSSI Tegaskan Timnas Menolak
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan timnas Indonesia tak akan mengenakan ban pelangi ketika tampil di AFF 2021. Hal itu diungkap sehubungan dengan dukungan yang diberikan penyelenggara AFF terhadap gerakan LGBT (Lesbi, Gay Biseksual, Transgender).

Sebelumnya diketahui jika di laga timnas Thailand, Teerasil Dangda sang kapten menggunakan ban kapten pelangi saat tampil. Dimana ban kapten itu menjadi simbol dukungan terhadap komunitas LGBT.

Hal itu kemudian menimbulkan polemik baru dan mendapat kritik dari pecinta sepak bola Indonesia. Terkait hal itu, Iriawan memastikan bahwa Skuad Garuda tidak akan menggunakan ban kapten pelangi.

Ia bahkan akan langsung menelpon Direkktur Teknis PSSI, Indra Sjafri yang mendampingi tim di Singapura untuk memastikan timnas tak turut serta mendukung gerakan itu.

"Ya itu kan, hak masing-masing tim, klub atau negaranya silahkan saja kalau mau pakai atau tidak," kata Iriawan dalam keterangan yang diterima VOI, Senin 6 Desember.

"(Timnas Indonesia) Tidak akan pakai. Saya telpon nanti ke Indra Sjafri. Kami putuskan tidak akan pakai dan akan hubungi ke sana. Kalau negara lain silahkan, kan budayanya beda," tegas pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Iriawan juga menambahkan bahwa saat bertanding nanti timnas akan menggunakan ban kapten biasa. Bahkan ia akan menambahkan identitas Indonesia dengan menambahkan logo burung garuda.

"Kita maunya biasa aja ban kapten malah rencananya mau saya tambah garuda," pungkasnya.

Timnas Indonesia sendiri baru akan melakoni aga perdana pada 9 Desember mendatang dengan menghadapi Kamboja. Setelah itu, Evan Dimas dkk akan melawan Laos 12 Desember, Vietnam 15 Desember, dan Malaysia 19 Desember 2021