Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melakoni partai terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa, 11 Juni 2024.

Skuad Garuda wajib menang demi kelolosan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski Filipina sudah pasti tak lolos, mereka tak layak diremehkan. Apalagi The Azkals punya materi permain berbeda dengan banyaknya pemain naturalisasi.

Shin Tae-yong mengaku tak khawatir dengan kekuatan Filipina. Dia sudah menganalisis sang lawan dan mempersiapkan pasukannya untuk merebut kemenangan.

"Saya sudah menganalisis dengan menonton pertandingan Vietnam melawan Filipina. Memang saya tidak bisa bicara bagaimana hasil analisis lawan dan bagaimana kami akan mengantisipasinya."

"Namun, yang penting tidak perlu khawatir. Analisis kami sudah selesai soal tim lawan seperti apa," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pada Senin, 10 Juni 2024.

Isu mengenai Shin Tae-yong stres memikirkan laga kontra Filipina pun terbantah.

"Memang sekarang flu sedikit parah. Hanya masalah batuk saja sebenarnya. Namun, tidak ada rasa stres," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Selain tak gentar dengan kekuatan Filipina, Shin Tae-yong sangat yakin dengan kemampuan Timnas Indonesia.

Dia mengungkapkan pasukannya sudah berkembang. Apalagi, Marselino Ferdinan dan kolega mendapat pelajaran berharga dari kekalahan 0-2 dari Irak.

"Pemain sama seperti biasa, persiapannya baik. Memang yang namanya pertandingan, bisa menang atau kalah."

"Indonesia dengan peringkat FIFA ke-134 melawan Irak yang berperingkat ke-58, kami bisa memberikan yang terbaik juga."

"Dari segi kemampuan sebenarnya tidak kalah jauh. Kami pun akan mencoba meningkat terus. Jadi, mohon dukungan dari fans Indonesia. Pemain juga sadar dan sedang mempersiapkan diri dengan baik," tutur Shin Tae-yong lagi.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Filipina memproyeksikan sejumlah pemain untuk naturalisasi. Delapan memenuhi syarat diaspora, yaitu Raphael Obermair (Paderborn), Dylan Demuynck (Zulte Waregem), Johannes Selven (Odense BK), Anthony Markanich (St. Louis City), Joseph Baccat, Zico Bailey (New Mexico United), Adrian Ugelvik (Levanger FK), dan Bjorn Martin Christensen (Aalesunds FK).