Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan rasa kecewa ketika namanya tak masuk daftar 22 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia.

Meski demikian, Klok lapang dada dan merasa itu bukan akhir dari perjalanan kariernya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong telah merilis 22 nama pemain yang akan memperkuat tim. Pemanggilan tersebut berkaitan dengan agenda putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dari daftar nama tersebut, Marc Klok tak termasuk. Padahal, pemain naturalisasi itu kerap jadi andalan Skuad Garuda.

Menanggapi situasi itu, Klok mengaku terkejut dan sempat kecewa.

"Sejujurnya, saya terkejut karena harus melihatnya (daftar pemain Timnas Indonesia tanpa namanya) di media. Jadi, saya akan mengatakan kekecewaan," kata Marc Klok dalam keterangan dikutip pada Senin, 20 Mei 2024.

"Namun, saya tidak putus asa. Apalagi setelah tampil bagus bersama Persib," tutur sang pemain.

Meski kecewa, Klok tetap menghormati keputusan yang telah diambil Shin Tae-yong. Ketimbang meratapi keadaan, pemilik nomor punggung 23 itu bertekad meningkatkan performanya demi bisa kembali gabung skuad asuhan Shin Tae-yong di kesempatan lain.

"Namun, apa pun keputusan pelatih, saya akan menghormati keputusannya (pelatih). Saya yakin ini bukanlah akhir dari perjalanan saya bersama Timnas Indonesia," ujar Klok.

"Saya akan terus bekerja keras dan fokus pada permainan saya untuk memastikan bahwa saya tetap menjadi pilihan yang layak bagi pelatih," katanya lagi.

Lebih lanjut, Klok juga tak lupa mendoakan agar Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Irak dan Filipina.

"Saya mendoakan yang terbaik untuk tim di kualifikasi pada Juni 2024. Saya akan mendukung mereka," tutur Klok.