Marc Klok Tanggapi Posisinya Mulai Tergeser di Timnas Indonesia, Sosok Shin Tae-yong Ikut Dibahas
Marc Klok posisinya tergeser di Timnas Indonesia (Instagram/@marcklok).

Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok, memberikan tanggapan soal situasinya di Skuad Garuda yang mulai tergeser. Menanggapi hal itu, pemain Persib Bandung tersebut juga membahas wewenang Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia.

Belakangan, nama Marc Klok memang tak menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Saat ikut membantu Skuad Garuda tampil di Piala Asia 2023, Klok hanya mendapat total bermain kurang dari 15 menit.

Saat tampil di laga perdana kontra Irak pada 15 Januari 2024, Klok tampil pada menit ke-76 menggantikan Ivar Jenner. Setelah momen itu, Klok tak lagi terlihat dan memunculkan isu bahwa dirinya mulai tergeser.

Menanggapi hal itu, Marc Klok bersikap santai. Sebagai pesepak bola ia merasa tak bisa menyalahkan siapa pun, termasuk pelatih Shin Tae-yong. Katanya, pelatih pasti memiliki taktik yang sudah disiapkan dan tahu siapa yang akan dimainkan.

Ketimbang menyalahkan Shin Tae-yong atas situasi tersebut, mantan pemain Persija Jakarta ini lebih memilih fokus pada performa diri sendiri.

"Di sepak bola kita hanya bisa fokus untuk usaha kita sendiri," ujar Marc Klok dalam keterangan yang dikutip Selasa, 20 Februari 2024.

"Kalau pada akhirnya pelatih yang membuat pilihan dan kami harus menerima pilihan tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut, Klok enggan menyalahkan keputusan pelatih dan memilih legowo. Soalnya, ia menyadari bahwa saat ini Timnas Indonesia juga memiliki banyak pemain dengan talenta tak kalah baiknya.

Klok lebih memilih untuk fokus kepada kemampuan dirinya untuk bisa kembali mendapat kepercayaan dan bisa kembali mendapat menit bermain.

"Saat ini ada begitu banyak pemain bagus dan setiap pemain layak untuk bermain, terkadang saya, terkadang orang lain," kata Klok.

"Terpenting saat ini adalah Anda tetap fokus pada hal yang utama. Kita bisa memberikan usaha semaksimal mungkin," ucapnya.