PSSI Resmi Tunjuk Satoru Mochizuki Jadi Pelatih Timnas Putri
Ketua Umum PSSI dan pelatih baru Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki (VOI/Ulfa Gusti).

Bagikan:

JAKARTA - PSSI telah menunjuk pelatih asal Jepang, Satoru Mochizuki, untuk menukangi Timnas Putri Indonesia. Ditunjuknya Satoru diharapkan bisa membawa Timnas Putri Indonesia mencetak prestasi pada masa depan.

Kehadiran Satoru sebagai pelatih anyar Timnas Putri Indonesia ini diumumkan dan disambut baik oleh ketua umum PSSI, Erick Thohir. Pada acara peresmian yang digelar di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Februari 2024, Erick Thohir menyebut bahwa alasan kuat merekrut Satoru karena rekam jejak apiknya.

"Selamat datang Mr. Satoru Michizuki, sosok yang telah berkontribusi pada perkembangan sepak bola wanita Jepang selama kurang lebih 10 tahun ini. Sekarang, beliau akan melatih sepak bola wanita Indonesia," kata Erick Thohir sebelumnya di Instagram pribadinya.

Sementara dalam sambutannya di acara peresmian, Ketum PSSI menyebut bahwa kehadiran Satoru Mochizuki sebagai bagian dari sepak bola Tanah Air juga tak lepas dari kerja sama dengan Japan Football Association (JFA).

"Alhamdulillah, dengan kerja sama dengan JFA, kami dapat figur yang terbaik. Kami merasa terhormat karena coach Satoru Mochizuki yang sudah punya track record memegang Timnas Jepang di Olimpiade bahkan Jerman dan pernah mempersembahkan juara dunia," kata Erick Thohir.

Terkait rekam jejak Satoru Mochizuki, tercatat dia sukses membawa Timnas Putri Jepang peringkat keempat Olimpiade Beijing (2008), juara Piala Dunia Putri FIFA (2011), dan runner-up Olimpiade London (2022).

Satoru pun merasa bangga dan berterima kasih atas kesempatan menukangi Timnas Putri Indonesia. Sang pelatih mengatakan bahwa kesempatan ini bakal dimanfaatkan dengan maksimal apalagi ia menyebut bahwa Timnas Putri Indonesia punya potensi.

"Saya ucapkan terima kasih dan bangga sekali bisa diundang sebagai pelatih Timnas Putri Indonesia. Saya bangga bisa dipilih sebagai head coach, saya percaya Timnas Putri Indonesia punya potensi sangat luar biasa," kata Satoru Mochizuki dalam kesempatan yang sama.