Marc Klok Tinggalkan Timnas Indonesia
Marc Klok tinggalkan Timnas Indonesia (Instagram/@marcklok).

Bagikan:

JAKARTA - Marc Klok mengumumkan untuk meninggalkan Timnas Indonesia selepas pertandingan melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis, 21 Maret 2024.

Gelandang 30 tahun itu ingin menjalani pengobatan cederanya di Singapura.

"Halo semuanya, saya ingin memberi kabar terkini tentang kondisi saya. Saya meninggalkan Timnas Indonesia hari ini (21/3/2024) untuk menjalani perawatan di Singapura karena cedera saya."

"Saya telah bermain dengan banyak rasa sakit selama beberapa waktu. Dengan jadwal yang sibuk dan penting di depan, inilah saatnya untuk menyelesaikan masalah (cedera) sekarang agar 100% siap untuk Persib dan final. Terima kasih atas dukungannya," kata Klok di Instagram pribadinya.

Pernyataan Klok menyiratkan bahwa dia ingin fokus bersama Persib Bandung untuk berjuang merebut titel Liga 1 2023/2024.

Dia juga tampaknya memilih untuk tidak bergabung Skuad Garuda selagi fokus di Liga 1 2023/2024 bersama Maung Bandung. Artinya, Klok kemungkinan sudah tak masuk skuad Timnas Indonesia saat melawat ke markas Vietnam pada 26 Maret 2024.

Sebelumnya, pelatih Persib, Bojan Hodak, memang mengkhawatirkan kondisi Marc Klok yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bojan Hodak kala itu menyebut Marc Klok memang mengalami cedera sebelum pemanggilan. Dia ingin sang gelandang fokus pemulihan ketimbang dipaksa masuk Skuad Garuda.

Sementara itu, selama masuk Timnas Indonesia, Marc Klok memang sudah jarang masuk tim utama. Dia hanya menjadi pelapis.

Pada perhelatan Piala Asia 2023, Klok cuma main satu kali, itu pun sebagai pemain pengganti. Saat itu, pemain naturalisasi tersebut masuk pada menit ke-76 menggantikan Ivar Jenner saat Timnas Indonesia melawan Irak.