Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memuji permainan Timnas Indonesia ketika mengamankan kemenangan atas Vietnam pada laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Skuad Garuda menang tipis 1-0 melawan The Golden Stars pada pertandingan ketiga Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 21 Maret 2024, malam WIB.

"Pertandingannya sangat seru. Vietnam bermain juga sangat bagus, tetapi alhamdulillah kita (Timnas Indonesia ) bisa mendapatkan poin," ujar Jokowi di pintu keluar VIP Timur SUGBK usai pertandingan.

Gol tunggal buat Merah-Putih dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-52. Bola itu bermula dari lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan.

Ini adalah kemenangan pertama Indonesia di Grup F. Hasil ini menghidupkan harapan Indonesia untuk bisa lolos ke putaran ketiga atau semakin dekat dengan tiket Piala Dunia 2026.

"Bisa menang 1-0. Saya kira ini menjadi modal besar kita waktu main di Vietnam pada 26 Maret 2024 mendatang," kata Presiden Indonesia tersebut yang hadir bersama Ibu Iriana.

Setelah ini, Indonesia masih harus memainkan tiga pertandingan lagi. Pertama, Skuad Garuda akan menjalani pertandingan tandang ke markas Vietnam pada Selasa, 26 Maret 2024.

Adapun dua laga setelahnya ialah pertandingan kandang semua. Dimulai melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan bentrok versus Filipina lima hari setelahnya.

Untuk bisa lolos ke putaran berikutnya, Timnas Indonesia harus menyelesaikan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di dua tempat teratas.

Jika langsung ingin lolos ke Piala Dunia 2026, Indonesia harus finis di dua tempat teratas pada putaran ketiga nanti kualifikasi.