Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Vietnam di laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tiga poin di kandang itu jadi modal mumpuni bagi Shin Tae-yong untuk meramu tim agar tampil lebih keren di pertandingan tandang selanjutnya.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis, 21 Maret 2024, malam WIB, Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam. Gol tunggal itu disumbangkan Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

Hasil tersebut menjadi modal berharga bagi Skuad Garuda yang pada 26 Maret 2024 mendapat giliran tandang ke markas Vietnam, Stadion May Dinh.

Shin Tae-yong jelas senang dan tak lupa mengapresiasi kinerja tim hari ini.

"Pertama, saya sangat senang karena kita bisa menang melawan Vietnam. Apalagi, saya juga sangat bangga kepada para pemain," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sempat menemui kebuntuan pada babak pertama karena urung mengungguli The Golden Star, Shin Tae-yong tak memungkiri kesulitan itu.

Namun, ketika babak kedua belum lama berjalan, usaha Timnas Indonesia berbuah manis. Hal itu melegakan sang pelatih.

"Mereka sudah bekerja keras. Situasinya sulit, tetapi kami berhasil mengatasinya. Saya juga berterima kasih kepada Vietnam yang sudah datang jauh dan menyajikan permainan seru serta bekerja keras (selama pertandingan),' kata sang pelatih.

Pada laga ini penampilan awal Skuad Garuda sempat tak menjanjikan. Permainan terlihat tak padu.

Hal itu bukan tanpa alasan. Soalnya, Tim Merah-Putih memang berisi banyak pemain naturalisasi yang baru bergabung dan waktu persiapan singkat.

Kendati begitu, hal tersebut tak menjadi masalah berarti bagi Shin Tae-yong. Sang pelatih akan punya waktu persiapan lebih panjang jelang pertandingan kedua di Vietnam.

Bekal itu membuat Shin Tae-yong berjanji menjanjikan permainan yang lebih bagus lagi di Stadion My Dinh.

"Saya akan menyiapkan laga berikutnya (di Stadion My Dinh) supaya bisa jadi pertandingan yang lebih keren antara Timnas Indonesia vs Vietnam," tuturnya.