Shin Tae-yong Semangat Patahkan Rekor 20 Tahun Dominasi Vietnam
Shin Tae-yong optimistis Timnas Indonesia menang vs Vietnam (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melakoni laga tandang ke markas Vietnam, Stadion My Dinh, pada 26 Maret 2024. Menjelang laga itu, Shin Tae-yong selaku pelatih Skuad Garuda dalam semangat penuh untuk mematahkan 20 tahun dominasi tuan rumah.

Sebagaimana diketahui, dalam 20 tahun terakhir, pertemuan dengan Vietnam memang tak pernah dimenangi Skuad Garuda di kandang The Golden Star. Terakhir kali Indonesia menang atas Vietnam di Stadion My Dinh terjadi pada Piala Tiger 2004 (sekarang Piala AFF).

Ketika itu, Indonesia menang 3-0 lewat gol Boaz Solossa, M. Ilham, dan Mauly Lessy. Meski telah 20 tahun berlalu dan tercatat menjadi rekor yang sulit dipecahkan, Shin Tae-yong positif bisa menyetop catatan buruk itu.

"Statistik selalu bisa diubah. Kami yakin kali ini kami bisa memecahkan rekor lama dan menciptakan rekor baru untuk sepak bola Indonesia," ucap Shin Tae-yong sebelum laga pada Senin, 25 Maret 2024.

Meski menyadari laga di Stadion My Dinh bukan pertandingan mudah, Shin Tae-yong yakin dengan kesiapan dan kekuatan Timnas Indonesia. Dia mengapungkan optimisme mampu mengunci kemenangan.

"Kami sangat siap hingga kami bisa tampil bagus untuk laga besok. Pertandingan ini akan sulit, tapi saya pikir bisa menjadi peluang Indonesia meraih kemenangan di rumah Vietnam," ungkap Shin Tae-yong.

Selama menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah dua kali gagal meraih kemenangan di Stadion My Dinh, yaitu saat menangani level senior dan Indonesia U-23.

Kegagalan pertama terjadi pada fase grup SEA Games 2021 dengan kekalahan 0-3. Lalu, kekalahan kedua terjadi pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 dengan skor 0-2.

Terlepas dari catatan itu, Timnas Indonesia punya peluang untuk memecahkan rekor dengan modal bagus. Skuad Garuda sebelumnya menang 1-0 di Jakarta pada 21 Maret 2024.

Pertemuan kedua ini merupakan laga lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.