Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berbangga atas kerja keras timnya yang sukses membukukan kemenangan 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa, 26 Maret 2024.

Hasil itu juga otomatis memecahkan rekor buruk Timnas Indonesia yang selama 20 tahun tak pernah menang di kandang The Golden Star.

Pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam merupakan laga keempat putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tiga gol yang mengantarkan kemenangan Skuad Garuda merupakan sumbangan Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (23’), dan Ramadhan Sananta (90+8).

Selain mendongkrak perolehan poin di Grup F, kemenangan ini juga jadi momen Shin Tae-yong untuk menepati janjinya.

Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu memang bertekad untuk memetik kemenangan di Hanoi. Keinginan itu diungkapkan Shin Tae-yong demi memecahkan rekor buruk yang selama ini menghantui Timnas Indonesia ketika tampil di rumah Vietnam.

"Memang selama 20 tahun kami tidak pernah menang lawan Vietnam di Hanoi. Itu merupakan rekor buruk, tapi rekor itu ada untuk dipecahkan. Momennya adalah hari ini. Rekor itu akhirnya pecah," kata Shin Tae-yong dalam keterangan di konferensi pers usai laga Selasa, 26 Maret 2024.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa kemenangan ini tak lepas dari modal apik tim yang dibawa dari Jakarta. Sebelumnya, saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret 2024, Skuad Garuda juga menang 1-0.

Modal tersebut dianggap Shin Tae-yong cukup membuat tim tuan rumah kerepotan dan dalam tekanan. Selain itu, dia mengakui bahwa hasil apik kali ini tak lepas dari performa tim yang tampil rileks juga penuh perjuangan.

"Apalagi laga tadi (permainan tim) rileks sekali. Untuk Vietnam, mungkin karena mereka kalah di Indonesia, jadi ini cukup menyulitkan."

"Untuk menang di sini (kandang Vietnam), kami juga berusaha keras, berusaha semaksimal mungkin. Akhirnya, kami dapat keberuntungan (menang dan pecah rekor)," tutur Shin Tae-yong.

Terakhir kali Timnas Indonesia menang di kandang Vietnam terjadi pada Piala Tiger 2004 (sekarang Piala AFF). Saat itu, Skuad Garuda juga menang 3-0.

Boaz Solossa, Ilham Jaya Kesuma, dan Mauli Lessy jadi aktor kemenangan Timnas Indonesia waktu itu.