Shin Tae-young Sanjung Pemain Timnas U-20 Usai Bekuk Suriah: Mereka Berjuang Layaknya Atlet Sejati
Shin Tae-yong (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan keras anak asuhnya dalam kemenangan 1-0 atas Suriah di laga kedua Piala Asia U-20 2023. Bagi sang pelatih, usaha keras yang dilakukan sudah menunjukan perjuangan layaknya atlet sejati.

Dalam partai kedua Grup A Piala Asia U-20, skuad Garuda Nusantara menang atas Suriah. Satu-satunya gol penentu di Stadion Lokomotiv, Sabtu 4 Maret itu dicetak oleh Hokky Caraka di menit ke-35.

Tiga poin pertama pada pertandingan kedua ini sangat disyukuri oleh Shin Tae-yong. Sebab hasil ini membuka lebar asa timnas U-20 untuk melaju ke perempat final.

“Hingga peluit akhir berbunyi, saya sangat bersyukur atas perjuangan yang dilakukan oleh semua pemain timnas Indonesia U-20," imbuh Shin Tae-yong usai laga.

Sejatinya di laga ini Suriah bermain cukup baik, statistik membuktikan bahwa lawan juga unggul. Tapi dengan permainan efektif dan efisien, tim akhirnya mampu mencatatkan tiga poin yang

Proses anak asuhnya hingga akhir inilah yang membuat Shin Tae-yong merasa bangga. Pelatih asal Korea Selatan itu juga turut mengapresiasi penampilan lawan.

“Mereka (pemain timnas U-20) berjuang layaknya atlet sejati. Saya juga berterima kasih kepada Suriah yang menjadi lawan tangguh hingga akhir laga," ungkap Shin Tae-yong.

“Saya berkata kepada para pemain Timnas Indonesia U-20. Jangan gugup karena kalian adalah pemain dengan kualitas yang baik," tambah Shin tae-yong untuk mendongkrak semangat pemain.

Setelah sempat kehilangan poin di laga pertama melawan Irak, sang pelatih menyebut permain sebenarnya telah tampil bagus, namun itu baru setengah kemampuan. Maka dari itu ia mencoba mematok performa lebih di laga kedua melawan Suriah.

“Sayangnya, kualitas bagus yang kalian tampilkan di lapangan hanya 50 persen dari yang kalian miliki," singgungnya pada pemain soal laga pertama.

"Saya katakan, saya ingin melihat setidaknya 80 persen dari kualitas kalian di lapangan (saat lawan Suriah). Jadi, saya ingin memberikan rasa kepercayaan diri kepada pemain sebaik yang saya mampu," beber sang pelatih.

Setelah menjalani dua laga di Grup A dan mengantongi tiga poin dari kemenangan atas Suriah, selanjutnya Garuda Nusantara akan menantang Uzbekistan. Laga terakhir fase grup ini akan berlangsung pada Selasa, 7 Maret.