Dampingi Timnas U-18 di Turki, Bima Sakti: Saya Hanya Bantu Shin Tae-yong
Bima Sakti (Foto: Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas U-16, Bima Sakti dipercaya untuk mendampingi timnas U-18 terbang ke Turki. Ia didaulat menjadi pelatih Garuda Muda selama di Turki, tapi menurut Bima Sakti kehadirannya hanya untuk membantu Shin Tae-yong.

Bima Sakti sebenarnya merupakan pelatih timnas U-16, tapi belakangan ia tengah menikmati waktu luang lantaran anak asuhnya baru akan berlatih kembali pada Januari 2022 mendatang. Di tengah waktu itulah ia diminta untuk membantu mengawal Garuda Muda.

Bima Sakti menjelaskan awal mula ia diminta membantu Shin Tae-yong mengawal timnas U-18 selama berada di Turki.

“Sekitar satu bulan lalu saya diminta oleh pelatih Indra Sjafri (Direktur Teknik PSSI) untuk membantu pelatih Shin (Tae-yong) di timnas U-18 karena beliau fokus mempersiapkan tim (senior) untuk Piala AFF bulan depan," kata Bima Sakti saat upacara pelepasan timnas U-18 di Hotel Sultan, Jakarta pada Senin malam.

Shin Tae-yong sendiri sudah lebih dulu berada di Turki untuk menggembleng timnas senior menjalani pemusatan latihan. Pria asal Korea Selatan itu merupakan pelatih kepala untuk timnas senior dan timnas U-18.

Saat ini Shin Tae-yong tengah fokus mengawal timnas senior, tapi ia pun ingin tetap mengawasi timnas U-18. Untuk itu ia juga memboyong Garuda Muda terbang ke Turki dan meminta bantuan Bima Sakti.

Karena masih masuk dalam proyeksi Shin Tae-young, Bima Sakti menyebut pola latihan dan materi yang diberikan untuk timnas U-18 juga tak jauh beda dari para seniornya.

"Berkolaborasi ya (materi latihan), jadi semuanya memang coach Shin yang memilih, dan ada masukan-masukan yang memang harus kita terapkan di timnas U-18,” kata Bima Sakti.

“Karena satu line sama yg senior, tidak ada terlalu banyak perubahan. Semua materi latihan, kemudian hal-hal yang lain semua dari coach Shin,” lanjutnya.

Selama di Turki, timnas U-18 akan fokus melakukan pemusatan latihan akan akan melakoni tiga laga uji coba untuk menjajal performa sebagai persiapan tampil di Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

Sementara itu, timnas senior juga harus fokus dan kerja keras selama di Turki untuk mempersiapkan diri tampil di Piala AFF 2020 Desember mendatang di Singapura.