Shin Tae-yong Absen Dampingi Timnas U-19 di Turnamen Toulon 2022, PSSI Bocorkan Penggantinya
Shin Tae-yong (Instagram.com/@shintaeyong7777)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas U-19 bakal tampil di Turnamen Toulon 2022 di Prancis pada Mei mendatang. Namun, dalam turnamen itu, Garuda Muda tak akan didampingi pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu dipastikan absen karena bakal fokus mendampingi tim senior yang akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni.

Soal siapa yang bakal mendampingi U-19 di Turnamen Toulon nanti, PSSI telah menentukan penggantinya. Pihak federasi menyebut Bima Sakti telah ditunjuk untuk mengisi posisi kosong Shin Tae-yong.

“Kemarin kami sudah putuskan bahwa pelatih timnas U-16 Bima Sakti dan teman-teman plus pelatih yang diutus oleh coach Shin Tae-yong, satu orang menangani Timnas U-19 untuk event Toulon Tournament," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dalam keterangan tertulis yang diterima VOI.

Indra Sjafri juga mengatakan absennya Shin Tae-yong itu tak terlepas dari situasi belakangan, di mana banyak agenda yang bergeser akibat pandemi COVID-19. Maka dari itu, pihak federasi mengaku sempat kesulitan membagi waktu.

“Memang kami kesulitan untuk membagi waktu karena ada event-event yang sebenarnya kalendernya bisa teratur, tapi karena ada pandemi, ada kalender-kalender yang ditunda dan pelaksanaannya akhirnya bentrok," tambahnya.

Turnamen Toulon 2022 akan berlangsung di Prancis pada 19 Mei hingga 12 Juni mendatang. Sebagai persiapan di turnamen itu, timnas Indonesia U-19 akan berangkat pada 26 Mei 2022.

Turnamen Toulon 2022 bakal diikuti 12 tim dari berbagai negara yang diperbolehkan mengirim tim dari kategori usia 17 hingga 23 tahun.

Keduabelas tim itu dibagi ke dalam tiga grup, dimana timnas Indonesia U-19 berada di Grup B bersama Ghana, Meksiko, dan Venezuela.

Sementara Kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung di Kuwait pada 8-14 Juni mendatang. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.