Soal Turnamen Toulon, PSSI Masih Cari Jadwal Kosong di Tengah Padatnya Agenda Shin Tae-yong
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (Kanan) dan Ketua Umum PSSI (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini, PSSI dikabarkan tidak merespons undangan untuk ikut serta dalam Turnamen Toulon 2022 yang akan digelar di Prancis. Terkait hal itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri buka suara.

Menurut Indra Sjafri, PSSI belum memberikan respons final lantaran masih mempertimbangkan jadwal yang tersedia. Sebab, sepanjang tahun ini agenda pelatih Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia sudah cukup padat.

"Ya mereka (penyelenggara turnamen) baru mencari dan menanyakan keikutsertaan. Lagi kita cocokan dengan jadwal timnas yang lain," kata Indra Sjafri dalam keterangan tertulis yang diterima VOI pada Rabu, 26 Januari.

"Tahun ini Coach STY punya agenda padat sekali. Dari senior, AFF U-23, AFF U-19, SEA Games, Asian Games, dan AFF Senior lagi. Nanti kita akan didiskusikan lebih lanjut," terangnya.

Turnamen Toulon yang kini bernama Tournoi Maurice Revello rencananya akan mulai bergulir pada pertengahan 2022. Turnamen yang dikhususkan untuk pemain-pemain muda itu memang rutin digelar setiap tahun.

Namun, pada dua edisi sebelumnya turnamen itu tidak digelar karena pandemi COVID-19. Timnas Indonesia sempat ikut serta pada edisi 2017, di mana saat itu pemain-pemain seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman turun bertanding.

Meski gagal menyumbang prestasi, penampilan timnas Indonesia U-19 yang saat itu dipegang Indra Sjafri sukses menuai sorotan. Sebab saat itu Skuat Garuda Muda mampu merepotkan Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.

Bahkan, Egy Maulana Vikri meraih penghargaan individu prestisius Jouer Revelation (Breakthrough Player) dalam kejuaraan tersebut.

Turnamen Toulon sendiri merupakan salah satu kejuaraan kelompok umur bergengsi. Dari turnamen tersebut banyak nama-nama pesepak bola besar yang lahir, salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang membela timnas Portugal di tahun 2003.