PSSI Kabulkan Permintaan Shin Tae-yong untuk Ganti Asisten Pelatih
Nova Arianto dan dua asisten Shin Tae-yong yang diberhentikan (Instagram.com/@novarianto30)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menyanggupi keinginan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang meminta pergantian dua asisten pelatih untuk Skuat Garuda.

Sebelumnya diketahui, Shin Tae-yong menyudahi kerja sama dengan kedua asisten pelatihnya. Mereka adalah Sahari Gultom dan Alex Aldha Yudi.

Sahari Gultom merupakan asisten pelatih kiper, sedangkan Alex Aldha Yudi asisten pelatih fisik. Usut punya usut, akhir kerja sama ini terjadi karena kontrak kedua asisten itu berakhir pada Januari 2022.

Soal permintaan Shin Tae-yong terkait asisten baru, Iriawan menyatakan akan mengakomodir kemauan sang pelatih demi mengubah struktur dalam staf kepelatihan Tim Merah Putih.

"Yang asisten pelatih kita? Itu permintaan Shin Tae-yong. Nanti silakan tanyakan saja ke Shin alasannya. Shin Tae Yong minta diganti, ya kita akomodir. Untuk kenapanya biar Shin Tae Yong yang menjawab," ucap Iriawan dalam keterangan tertulis yang diterima VOI pada Rabu, 19 Januari.

Lebih lanjut, Ketum PSSI juga mengatakan bahwa pihak PSSI akan mencari kandidat terbaik untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Sabari dan Alex dalam jajaran timnas Indonesia.

"Untuk itu (pengganti asisten pelatih), ada. Pasti nanti kita akan ganti," sambung Iriawan.

Terlepas dari kesanggupan PSSI atas permintaan Shin Tae-yong, Sahari dan Alex Aldha sendiri adalah bagian dari tim yang menghantarkan Skuad Garuda menjadi runner up Piala AFF 2021 di Singapura.

Permintaan Shin Tae-yong untuk mencari pengganti sesegera mungkin agaknya memang harus cepat di realisasi. Sebab pada tahun ini, timnas Indonesia memang dihadapkan pada sejumlah agenda penting.

Jadwal terdekat bagi timnad Indonesia adalah FIFA Match Day yang berlangsung pada akhir Januari, disambung dengan Piala AFF U-23, SEA Games, Asian Games 2022, Kualifikasi Piala Asia, hingga Piala AFF 2022.

Foto: Instagram.com/@novarianto30