Soal Perkataan yang Bikin Shin Tae-yong Tersinggung, Haruna: <i>Angle</i> Mana yang Jadi Persoalan?
Haruna Sumitro, Ketum PSSi dan Shin tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Exco PSSI, Haruna Sumitro memberi tanggapan terkait perkataannya yang viral di dunia maya karena dianggap menyinggung pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Dalam diskusi di Twitter Pandit Football, Selasa, 18 Januari, Haruna mengatakan dirinya belum tahu poin mana dari perkataannya yang dianggap menyinggung Shin Tae-yong.

Sebab, menurutnya momen diskusi yang dilakukan bersama PSSI dan Shin Tae-yong beberapa waktu lalu dilakukan secara terbuka dan santai.

"Kira-kira angle mana yang jadi persoalan, ada yang bilang rapat itu bikin Shin Tae-yong tersinggung," kata Haruna dalam kesempatan tersebut.

"Padahal sampai hari ini saya juga tidak tahu dia tersinggung dengan pernayatan yang mana. Saya sempat tanya penerjemahnya (Jeje) tapi sampai sekarang belum dapat penjelasan poin mana (yang dianggap menyinggung)," lanjut Haruna.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahasan yang diutarakannya jadi viral lantaran persepsi dan tanggapan orang yang berbeda dengan yang ia maksudkan.

Haruna juga menyebut momen diskusi tersebut mestinya disikapi secara dewasa. Apalagi ada sesi penyampaian pedapat yang sudah pasti bermuatan pro dan kontra di dalamnya.

"Bukan hanya salah menangkap tapi mungkin media sosial juga berebut pengikut jadi diambil angle-nya yang memantik dan diplintir dan diputus, itu sesuatu yg digoreng media," katanya.

"Dalam konteks ini, saya ingin sebetulnya semua dalam posisi dewasa dalam berdiskusi. Distorsi dalam proses sosial itu kan biasa, ada pro dan kontra tapi tidak dalam kondisi seperti itu kemudian ketika dapat angle, tanpa klairifikasi langsung hajar," lanjutnya menerangkan.

Haruna kemudian juga mengatakan jika ada pernyataanya yang perlu disanggah dalam diskusi itu dirinya akan menerima. Namun, pada kenyataannya hal itu justru lebih dulu viral dan jadi bahasan publik.

"Padahal jika ada argumen saya yang tidak sesuai, ya dibantah saja diberikan penjelasan lainnya itu kan menambah wawasn semua. Kalau saya tidak benar saya pasti terima kalo itu salah," jelas Haruna.

Sebelumnya diketahuii, dalam rapat evaluasi Haruna mengganggap Shin Tae-tidak sama saja dengan pelatih-pelatih sebelumnya karena cuma membawa timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2020. Ini yang katanya membuat sang pelatih tersinggung.