Siapkan Timnas ke Piala AFF U-23 2022, Shin Tae-yong Dapat Bantuan Bima Sakti dan Markus Horison
Shin Tae-yong (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong mendapat bantuan menyiapkan tim untuk Piala AFF U-23 2022. Juru taktik asal Korea itu kedatangan Bima sakti dan Markus Horison mengisi tim pelatih.

Bima Sakti dan Markus bukan nama asing dalam sepak bola nasional. Nama pertama merupakan pelatih yang saat ini menangani timnas Indonesia U-16, sedangkan Markus Horison adalah asistennya.

Setelah bergabung, Bima Sakti dan Markus Horison pun langsung hadir dan memimpin pemusatan latihan timnas Indonesia U-23. Pemusatan latihan tersebut berlangsung di Stadion Gelora Samudra, Bali pada Senin, 7 Februari.

”Latihan kali ini langsung dipimpin pelatih Shin Tae-yong. Selain para asisten Shin Tae-yong, hadir juga staf kepelatihan timnas U-16, yakni pelatih Bima Sakti dan sang asisten Markus Horison,” tulis PSSI di laman resminya. 

Meski sudah ikut mengawal latihan timnas Indonesia, baik Bima Sakti maupun Markus Horison masih belum banyak terlibat. Ini karena Timnas U-23 baru habis menjalani libur singkat dan latihan belum berjalan maksimal.

Saat ini baru sebagian skuat timnas Indonesia U-23 yang bergabung dengan pemusatan latihan. Sementara itu, sebagian lain belum bisa setelah menjalani liburan selama dua hari untuk menerima vaksin booster dan mendapat izin membela klub masing-masing di Liga 1.

”Shin Tae-yong mengatakan, persiapan berjalan baik meski ada beberapa kendala. Pasalnya, para pemain Timnas Indonesia U-23 belum lengkap sehabis membela klubnya masing-masing di Liga 1,” lanjut pernyataan PSSI.

Kesempatan kerja sama dengan Shin Tae-yong bukan baru kali ini dirasakan oleh Bima Sakti. Eks pemain Persema Malang itu pernah diminta membantu pelatih 52 tahun tersebut di timnas Indonesia sebelum Piala AFF 2020 berlangsung. 

Selain itu, Bima sakti juga pernah menangani tim nasional Indonesia U-19 di Turki. Saat itu ia mendapat kepercayaan karena Shin Tae-yong tengah menangani timnas Indonesia senior yang juga sedang menjalani pemusatan latihan di Turki.