Bikin Keputusan Kontroversial dalam Kekalahan Milan dari Spezia, Asosiasi Wasit Italia Minta Maaf
AC Milan (Twitter.com/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Wasit Italia (AIA) menyampaikan permintaan maaf kepada AC Milan usai tim asuhan Stefano Pioli itu kalah 1-2 dari Spezia dalam laga yang berlangsung di Stadion San Siro, Senin, 17 Januari malam waktu setempat.

Dalam pertandingan tersebut, Milan sempat memimpin laga lewat gol Rafael Leao di babak pertama. Namun, Milan justru tumbang 1-2 setelah tim tamu mencetak gol lewat Kevin Agudelo di menit 64 dan Emmanuel Quartsin Gyasi pada waktu tambahan 90+6.

Sebelum gol kemenangan Spezia itu, momen kontroversial terjadi. Tepatnya saat injury time babak kedua berjalan dua menit.

Pada momen itu, wasit Serra menganulir gol Junior Messias dan malah  memberi tendangan bebas kepada Milan setelah Ante Rebic dijatuhkan Simone Bastoni sebelum bola liar mengarah ke Messias.

Dalam tayangan ulang terlihat, wasit Serra meniup peluit lebih dulu sebelum Messias melepaskan tendangan atau tepat usai Rebic dilanggar. Wasit 39 tahun itu dianggap salah karena tidak memberi advantage play kepada Milan.

Gara-gara kejadian itu, wasit Serra sendiri sudah mengucapkan permintaan maaf kepada para pemain AC Milan di lapangan. Serra bahkan juga minta maaf kepada pelatih Milan, Stefano Pioli.

"Saya berusaha menenangkan pemain, tapi saya gagal, gol kemenangan Spezia menjadi bukti. Kami tahu ini tidak adil, tapi kami juga harus menyalahkan diri sendiri, bersama wasit. Wasit minta maaf, meski mungkin itu bukan sebuah kesalahan. Sangat disayangkan," ucap Pioli dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

Pioli sendiri menganggap Milan seharusnya bisa menang tanpa melibatkan kontroversi. Terlebih tuan rumah memiliki banyak peluang, termasuk penalti gagal Theo Hernandez di babak pertama.

Buntut dari kontroversi yang dilakukan Serra di laga ini, AIA langsung mengambil langkah tegas. Serra dilarang memimpin lebih dari dua pertandingan.