Preview Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022 Vietnam vs Indonesia: Garuda Hanya Butuh Imbang 1-1
Timnas Indonesia versus Vietnam. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan memainkan laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di kandang Vietnam. Di atas kertas skuad Garuda memiliki rekor bagus di kandang The Golden Stars.

Duel kedua tim bakal berlangsung di Stadion My Dinh pada Senin, 9 Januari 2023 malam WIB pukul 19.30 WIB. Ini merupakan laga tandang ke empat bagi Tim Merah Putih ke markas Vietnam pada kompetisi ini.

Dari tiga kesempatan tandang sebelumnya ke My Dinh di Piala AFF, Indonesia memiliki rekor bagus. Mereka belum pernah kalah. Rinciannya, Garuda mendapat satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Statistik belum pernah kalah ini bakal menjadi modal bagus buat pasukan Shin Tae-yong pada pertandingan malam nanti. Garuda bakal berusaha menjaga catatan itu sekaligus merebut tiket final.

Indonesia dan Vietnam sebelumnya bersua pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 6 Januari lalu. Kedua tim mengakhiri pertandingan itu dengan skor sama kuat 0-0.

Sangat disayangkan Indonesia tidak bisa memaksimalkan banyak peluang mencetak gol saat bermain di kandang. Meski demikian, tanpa kebobolan adalah modal penting buat Egy Maulana Vikri dan rekan-rekan.

Di atas kertas, Indonesia memiliki peluang lolos tetap besar. Hasil imbang 1-1 saja sudah bisa mengantar Garuda mencapai babak final karena berlakunya peraturan gol tandang.

Namun, Shin tampaknya tak mau ambil risiko. Skuad terbaik bakal tetap disiapkan untuk mengejar kemenangan.

Pelatih asal Korea Selatan itu percaya diri timnya bisa menyingkirkan Vietnam. Menurutnya, kualitas Timnas Indonesia setara dengan Vietnam.

"Ketika saya menangani timnas Indonesia, penampilan skuad lebih baik. Performa kami sama dengan Vietnam," kata Shin.

Dia juga merasa yakin anak asuhnya akan tampil lebih baik dari sebelumnya. "Timnas Indonesia sudah stabil dan lebih baik daripada sebelumnya," kata Shin menegaskan.

Prediksi susunan pemain Vietnam vs Indonesia di leg kedua Piala AFF 2022:

Vietnam (3-5-2): Dang Van Lam; Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung, Do Duy Manh; Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc, Doan Van Hau; Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Lin

Pelatih: Park Hang-seo

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri

Pelatih: Shin Tae-yong