Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia dan Vietnam akan menjalani leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin, 9 Januari pukul 19.30 waktu setempat. Pertemuan ini akan menjadi momen adu tangkas antara dua penjaga gawang, Nadeo Argawinata dan Dang Van Lam.

Performa kedua pemain ini tak kalah penting dalam perjalan kedua tim di Piala AFF 2022. Ketangkasan Nadeo dan Van Lam dalam menjaga mistar gawang masing-masing membuat catatan apik untuk tim.

Seperti diketahui, Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 dengan status runner up Grup A. Dengan koleksi 10 poin, Indonesia hanya kebobolan tiga gol selama fase grup.

Performa Nadeo dalam menjaga keutuhan gawang Skuad Garuda kembali dibuktikan saat tampil di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Meski sempat cedera saat laga melawan Thailand di babak penyisihan grup, tapi pemain Bali United itu kembali tampil lawan Vietnam dan clean sheet karena laga 95 menit berakhir 0-0.

Sejauh ini, tiga gol yang bersarang ke gawang yang dijaga Nadeo terjadi di babak fase grup. Tiga gol itu masing-masing tercipta saat melawan Kamboja (2-1), Thailand (1-1) dan Filipina (2-1).

Meski hanya kebobolan tiga gol, Nadeo mesti tetap meningkatkan waspada dari gebrakan pemain Vietnam di leg kedua nanti. Sebab jika melihat catatan, bukan tidak mungkin The Golden Star main lebih menekan di kandang sendiri.

Apalagi Vietnam juga punya catatan lebih baik untuk sang penjaga gawang, Dang Van Lam. Selama keikutsertaan di Piala AFF 2022, tim asuhan Park Hang Seo ini belum pernah kalah.

Indonesia bahkan harus menghadapi Vietnam di semifinal karena tim ini merupakan juara dari Grup B. Dengan torehan 10 poin mereka unggul satu atas Malaysia di posisi runner up.

Kemenangan Vietnam juga tak lepas dari apiknya Van Lam menjaga gawang tim. Dari seluruh penampilan di fase grup hingga semifinal leg pertama Piala AFF 2022, penjaga gawang yang lahir di Rusia itu sukses membuat catatan clean sheet di semua laga.

Van Lam mampu menjaga gawang Vietnam tak kebobolan satu pun dari awal timnya berjuang di Piala AFF 2022. Catatan itu menjadi sorotan penting bagi Shin Tae-yong selaku pelatih timnas untuk menyusun taktik di leg kedua untuk mencoreng catatan Van Lam.

Head to Head Penjaga Gawang Timnas Indonesia vs Vietnam

Indonesia:

Indonesia 2-1 Kamboja (Fase Grup A)

Brunei Darussalam 0-7 Indonesia (Fase Grup A)

Indonesia 1-1 Thailand (Fase Grup A)

Filipina 1-2 Indonesia (Fase Grup A)

Indonesia 0-0 Vietnam ( Leg Pertama Semifinal)

Vietnam:

Laos 0-6 Vietnam (Fase Grup B)

Vietnam 3-0 Malaysia (Fase Grup B)

Singapura 0-0 Vietnam (Fase Grup B)

Vietnam 3-0 Myanmar (Fase Grup B)

Indonesia 0-0 Vietnam (Leg Pertama Semifinal)