Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia wajib ekstra waspada saat menghadapi Vietnam di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022. Gawang Nadeo Argawinata tak boleh bobol satu gol pun.

Dalam regulasi turnamen Piala AFF 2022 disebutkan babak semifinal dan final kembali menggunakan peraturan gol tandang. Itu artinya setiap gol yang dicetak tim tamu sangat berharga di semifinal dan final Piala AFF 2022.

"Tim yang berpartisipasi yang mencetak agregat gol yang lebih tinggi lebih dari dua (2) leg akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika tim yang berpartisipasi mencetak jumlah gol yang sama, aturan gol tandang akan berlaku," bunyi Pasal 13.4 dalam regulasi Piala AFF 2022.

Satu gol atau bahkan lebih di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bisa jadi modal besar Vietnam menghadapi leg kedua. Laga itu akan berlangsung pada Senin 9 Januari mendatang di Stadion My Dinh.

Jika skor agregat dan gol tandang imbang sepanjang dua leg pertandingan, laga semifinal atau final akan dilanjutkan dengan babak tambahan dan adu penalti untuk tim menentukan pemenang.

Pada Piala AFF edisi sebelumnya aturan gol tandang tidak berlaku untuk laga semifinal dan final. Pasalnya pada edisi sebelum ini turnamen digelar di Singapura dalam keadaan pandemi yang terpaksa digelar dengan sistem buble.

Dengan peraturan gol tandang yang kembali diberlakukan. maka timnas Indonesia harus mencetak gol kemenangan sebanyak-banyaknya melawan Vietnam di leg pertama. Sebab itu bisa jadi modal berharga menjalani leg kedua di Hanoi.