Bagikan:

JAKARTA — Laga semifinal Piala AFF 2022 bakal dibuka dengan duel antara Timnas Indonesia melawan Vietnam. Kedua tim akan berjumpa untuk ke-11 kalinya di kompetisi dua tahunan ini.

Pertandingan semifinal bakal berlangsung dalam dua leg. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 6 Januari, sebelum tiga hari setelahnya dijamu Vietnam.

Pertemuan ini bakal mengadu kekuatan di lini tengah antara Marc Klok dengan pemain andalan tim tamu Nguyen Hoang Duc. Jadi, siapa yang tampil apik diprediksi bisa memberi pengaruh besar ke hasil pertandingan.

Di kubu Indonesia, Klok adalah pemain yang sejauh ini selalu dipercaya juru taktik Shin Tae-yong. Ia tercatat menjadi starter tiga kali, melawan Kamboja, Thailand, dan Filipina, dan mencetak dua gol.

Pada laga melawan Vietnam, Klok kemungkinan besar kembali masuk XI pertama. Peran pentingnya di lini tengah diharapkan bisa memudahkan pekerjaan penyerang.

Sementara itu, Nguyen Hoang Duc juga selalu jadi andalan. Dia hanya sekali tampil sebagai pemain cadangan, yakni saat Vietnam memainkan laga terakhir fase grup melawan Myanmar.

Sisanya, selalu tampil sejak awal dan memberikan pengaruh luar biasa.

Sejauh ini, Hoang duc memang baru sekali mencetak gol, yakni sat Vietnam menang 3-0 atas Malaysia. Namun, perannya di lini tengah terbilang sangat sentral.

Pertandingan semifinal saat ini menggunakan format baru tidak menghitung produktivitas gol tandang melainkan hanya agregat. Jadi, jika agregat kedua tim masih sama dalam dua leg maka laga akan berlanjut ke tambahan waktu.

Seandainya pertandingan di babak extra time juga agregat gol masih sama maka perebutan tiket ke babak final akan ditentukan melalui babak adu penalti.

Sejauh ini Indonesia dan Vietnam sudah sepuluh kali bersua di Piala AFF. Indonesia tercatat menang enam kali dan kalah satu kali, sedangkan enam laga lainnya berakhir seri.