Janji Cristiano Ronaldo Mengubah Persepsi Dunia soal Sepak Bola Arab Saudi, Semoga Bukan Sekadar <i>Lip Service</i> Semata
Pemain baru Al Nassr, Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter/@AlNassrFC)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo berjanji untuk mengubah persepsi dunia tentang sepak bola di Arab Saudi. Janji itu ia ucapkan saat diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Al Nassr.

Ronaldo menandatangani kontrak dua setengah tahun dengan pemimpin Liga Pro Saudi, Al Nassr pekan lalu. Dalam kontraknya, terdapat klausul yang memang menyebut Ronaldo akan jadi duta sepak bola Arab Saudi.

Dia bakal mendapatkan tugas mengampanyekan Arab Saudi yang berambisi jadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

"Saya ingin memberikan visi negara yang berbeda dari perspektif sepak bola semua orang. Inilah mengapa saya mengambil kesempatan ini," kata dia dilansir Live Score.

Pemenang lima Ballon d'Or itu juga mengatakan, akan berhadapan dengan tantangan baru. Maklum, kehadirannya di Arab Saudi juga bertujuan memberikan berkontribusi kepada sepak bola wanita di negara tersebut.

"Ini adalah tantangan baru dan saya sangat senang bahwa Al Nassr telah memberi saya kesempatan untuk berkembang, tidak hanya di sepak bola, tetapi juga untuk generasi muda, dan juga untuk wanita," kata dia.

"Banyak orang mungkin tidak tahu, tapi Al Nassr juga memiliki tim sepak bola wanita. Sepak bola wanita sangat kompetitif di sini," tuturnya.

Dalam konferensi pers pertamanya di Riyadh pada Selasa kemarin, Ronaldo juga menegaskan alasannya meninggalkan Eropa. Dia merasa sudah memenangi semua gelar bergengsi di Benua Biru sehingga keputusan hijrah ke Arab merupakan langkah tepat.

"Saya tahu apa yang saya inginkan, dan saya tahu, tentu saja, apa yang tidak saya inginkan juga. Ini adalah kesempatan bagus untuk berubah, membantu dengan pengetahuan dan pengalaman saya untuk menumbuhkan banyak hal penting," tambah dia.

Ronaldo akan diupah dengan nominal Rp3,3 triliun per tahun. Nominal itu menjadikan dia pemain dengan gaji tertinggi dalam sejarah sepak bola dan olahraga secara keseluruhan.

Pemain 37 tahun itu kemungkinan akan melakukan debut ketika Al Nassr melawan Al Ta'ee pada Kamis besok. Saat ini tim baru Ronaldo masih menduduki posisi teratas klasemen, unggul satu poin dar Al Shahab di posisi kedua.