Messi Resmi ke Inter Miami, Komentar Ronaldo Menggema: Liga Saudi Lebih Baik dari MLS
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter/@AlNassrFC)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi resmi diperkenalkan menjadi pemain Inter Miami pada Minggu, 16 Juli. Satu hari setelahnya, Cristiano Ronaldo menyampaikan kata-kata menohok soal perbandingan liga dunia.

Sempat ditanya soal kemungkinannya kembali tampil di Eropa, Cristiano Ronaldo yang kini bermain untuk Al Nassr punya jawaban tegas. Ia mengatakan, tak ada pintu terbuka untuk itu, mengingat usianya yang kini juga tak lagi muda.

Bersamaan dengan pernyataan itu, Ronaldo dengan tegas menyebut bahwa Liga Arab Saudi yang kini menjadi lahan kerjanya lebih baik ketimbang Major League Soccer (MLS) tempat Messi saat ini. 

“Saya tidak akan kembali bermain di Eropa, pintu sudah tertutup sepenuhnya. Saya 38 tahun, lagi pula sepak bola Eropa sudah kehilangan kualitasnya, hanya Premier League yang terjaga, mereka berada di depan liga-liga lainnya," kata Ronaldo dikutip dari NBC pada Selasa, 18 Juli. 

“Liga Saudi lebih baik dibanding Major League Soccer (MLS). Saya yakin 100 persen tidak akan kembali ke klub Eropa. Saya membuka jalan ke liga Saudi dan sekarang semua pemain datang ke sini,” lanjutnya ketika ditanya soal kemungkinan merumput di negeri Paman Sam.

Pernyataan Ronaldo sesaat setelah menjalani laga pramusim Al Nassr kontra Celta Vigo itu seolah kembali memantik persaingan CR7 dan LM10 yang muncul lebih dari satu dekade silam.

Padahal keduanya pun kini berkarir di liga yang berbeda dan kecil kemungkinan untuk kembali satu lapangan. Ronaldo kini membela Al Nassr setelah angkat koper dari Manchester United pada awal 2023. Sementara Messi memilih Inter Miami sebagai klub baru setelah menuntaskan kontrak di Paris Saint-Germain.

Langkah kedua pemain tersebut kemudian mengundang nama-nama besar di pentas sepak bola Eropa menyusul. Banyak pemain-pemain tenar yang memilih pindah ke liga Arab Saudi seperti Karim Benzema, N'Golo Kante, dan Marcelo Brozovic.