Profil Inter Miami, Klub MLS yang Berhasil Amankan Jasa Lionel Messi
Lionel Messi memutuskan hengkang dari PSG dan berlabuh ke Inter Miami ( (Foto: Twitter/@PSG_Inside)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lionel Messi memutuskan untuk hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG) dan berlabuh ke Inter Miami CF. Profil Inter Miami adalah peserta Major League Soccer (MLS).

Kepada media Spanyol, Mundo Deportivo, Messi mengatakan bahwa keputusannya pindah ke Inter Miami bukan karena uang.

“Ini keputusan akhir saya, pergi ke tempat lain dan bukan karena uang. Uang tidak pernah menjadi masalah bagi saya. Kami bahkan tidak membahas kontrak dengan Barcelona! Mereka mengirimi proposal kepada saya, tetapi tidak pernah menjadi proposal resmi, tertulis dan ditandatangani,” tutur Messi, dikutip Sabtu, 10 Juni 2023.

Messi akan dikenalkan sebagai pemain Inter Miami setelah bursa transfer MLS dibuka pada 5 Juli 2023 mendatang. Lantas, seperti apa profil Inter Miami?  

Profil Inter Miami

Inter Miami adalah klub ke-25 Liga Amerika Serikat (MLS) yang berdiri lima tahun lalu, tepatnya pada 29 Januari 2018. Sebagian saham Inter Miami dipegang oleh David Beckham.

Inter Miami yang punya nama resmi Club Internacional de Futbol. Pada 2020, Inter Miami resmi bergabung dengan franchise kompetisi sepak bola utama Amerika Serikat atau MLS.

Berdirinya Inter Miami tak lepas dari campur tangan mantan Kapten Timnas Inggris, David Beckham pada 2007 silam. Saat itu, Beckham bergabung dengan LA Galaxy.

Dalam kesepakatan dengan MLS, Beckham diberi pilihan untuk mengakuisisi tim ekspansi pada masa mendatang dengan harga 25 juta dolar AS atau sekitar Rp372 miliar.

Saat Beckham gantung sepatu pada 2013, MLS membantunya untuk mempelajari target ekspamsi, termasuk Miami yang kala itu belum memiliki tim di MLS.

Di kemudian hari, MLS mengumumkan bahwa Beckham bakal menggunakan opsinya untuk membentuk tim baru pada awal Februari 2014. Beckham bekerja sama dengan dua pengusaha Amerika, yakni Jorge Mas dan Jose Mas saat membentuk Inter Miami.

Setelah melewati proses yang cukup panjang, Inter Miami resmi menjadi tim ke-2 MLS pada 2018. Nama resmi Club Internacional de Futbol Miami atau Inter Miami CF mulai digunakan pada 5 September 2018.

Laga pertama Inter Miami di MLS terjadi pada musim 2020. Dalam pertandingan tersebut, Inter Miami kalah dari tuan rumah Los Angeles FC dengan skor 0-1.

Inter Miami bermarkas di Stadion DVR PNK, stadion berkapasitas 18 ribu tempat duduk.

Di musim pertamanya di Liga Amerika Serikat, Inter Miami mendatangkan sejumlah pemain bintang, seperti Blaise Matuidi dan Gonzalo Higuain. Tak hanya itu, pihak klub juga menunjuk pelatih asal Uruguay, Dieogo Alonso sebagai arsitek tim.

Meski mendatangkan beberapa pemain bintang, musim pertama Inter Miami berakhir dengan kurang impresif. Tim berjuluk The Herons itu langsung kalah di play-in saat ditekuk Nashville SC dengan skor 0-3.

Pada musim 2021, Inter Miami menggaet Phil Neville sebagai juru taktik. Sejumlah pemain didatangkan pada musim itu, seperti Ryan Shawcross dan Kieran Gibss. Hanya saja, upaya itu tak membuat Inter Miami lolos ke playoff.

Musim lalu, peforma Inter Miami juga kurang apik. Miami kalah 0-3 dari New York City FC pada playoff putaran pertama. Musim ini perjalanan Inter Miami juga tidak lebih baik.

Saat ini, Inter Miami menghuni peringkat dasar klasemen Wilayah Timur MLS setelah menelan 11 kekalahan dari 16 pertandingan.

Demikian informasi tentang profil Inter Miami yang akan jadi klub baru Lionel Messi. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.