Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Indonesia akan bersua dengan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Laga ini akan menjadi ajang adu taktik antara Shin Tae-yong dan kompatriotnya Park Hang-seo.

Pertemuan pertama kedua tim akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat, 6 Januari 2022 mulai pukul 16.30.

Kedua tim mendapat tiket semifinal dengan catatan fase grup yang serupa. Masing-masing mengantongi tiga kemenangan dan satu hasil seri dari empat pertandingan.

Indonesia yang kalah selisih gol dari Thailand, lolos sebagai runner up Grup A. Sementara itu, skuat The Golden Stars memuncaki Grup B dengan catatan tidak pernah kebobolan dan menjaring 12 gol.

Jumlah gol yang sama juga dicetak oleh Indonesia selama penyisihan grup. Sayang, Indonesia kebobolan tiga gol, masing-masing saat bersua Kamboja, Thailand, dan Filipina.

Selain kebobolan, pasukan Garuda juga punya pekerjaan rumah di lini serang. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan dianggap terlalu banyak menyia-nyiakan peluang selama babak grup.

"Saya sudah mempersiapkan agar tidak ada lagi kata kita tidak beruntung atau tidak bagus dalam finishing (penyelesaian akhir)," kata Shin dalam jumpa pers kemarin.

Meskipun buruk dalam penyelesaian akhir, Indonesia punya catatan lebih baik ketika bersua Vietnam di ajang dua tahunan ini. Tiga kemenangan sudah diperoleh dari 10 kali bentrok sebelumnya.

Vietnam hanya memperoleh satu kemenangan. Sementara itu, enam pertandingan lain berakhir imbang, termasuk edisi 2020 lalu saat kedua tim bermain tanpa gol di fase grup.

Selain rekor yang lebih bagus, Indonesia juga kemungkinan kembali diperkuat oleh kiper utama Nadeo Argawinata. Penjaga gawang Bali United itu belakang sudah fit.

Nadeo sebelumnya mendapat cedera ketika timnas Indonesia menang 2-1 atas Filipina di laga terakhir fase grup pada 2 Januari lalu. Ketika itu, pemain 25 tahun tersebut ditarik keluar pada pertengahan babak pertama.

Ia mengalami masalah pada bagian perut dialami setelah benturan dengan kapten Filipina Stephan Schrock. Posisinya di bawah mistar kemudian digantikan oleh Syahrul Trisna.

Meski demikian, ia sudah bergabung dan berlatih dengan tim. Oleh karena itu, Shin kemungkinan besar memasangnya sejak menit pertama pada petang hari nanti.

Perkiraan formasi Timnas Indonesia Vs Vietnam:

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto; Egy Maulana Vikri, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (3-4-2-1): Dang Van Lam; Do Duy Manh, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh; Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, Nguyen Van Quyet, Doan Van Hau; Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai

Pelatih: Park Hang-seo