Piala AFF 2022: Selebrasi Ikonik Cristiano Ronaldo Iringi Langkah Thailand Pertahankan Gelar Juara
Thailand menang tipis 1-0 atas Vietnam pada leg kedua final Piala AFF 2022. (Foto: Twitter/@affmecup)

Bagikan:

JAKARTA — Tim nasional Thailand memastikan diri juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam pada pertandingan final leg kedua di Stadion Thammasat, Senin, 16 Januari malam WIB.

Satu-satunya gol kemenangan buat tuan rumah dicetak Theerathon Bunmathan pada pertengahan babak pertama. Ia membobol gawang Dang Van Lam memaksimalkan umpan Adisak Kraison dengan tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti.

Kiper Vietnam membaca arah bola dengan baik dan melompat ke sisi kanannya, tetapi sia-sia belaka. Theerathon kemudian berlari ke pinggir lapangan dan memperagakan selebrasi ikonik milik megabintang Cristiano Ronaldo, 'Siuuu'.

Tambahan satu gol sudah cukup membuat Thailand mempertahankan gelar di kompetisi ini dengan keunggulan agregat 3-2 setelah di leg pertama kedua tim main imbang 2-2. 

Kemenangan ini membuat Thailand mempertahankan gelar juara. Di edisi sebelumnya, tahun 2020 lalu, skuat Gajah Perang keluar sebagai juara setelah setelah mengalahkan Indonesia di final. Ketika itu, mereka menang 4-0 pada leg pertama dan bermain seri 2-2 di leg berikutnya.

Ini merupakan gelar ketujuh yang didapat tim Gajah Perang di kompetisi dua tahunan ini. Mereka mempertegas status sebagai pemegang gelar terbanyak, disusul Singapura di posisi kedua dengan empat gelar.

Selain dua gelar dalam dua edisi terbaru, mereka juga tercatat memenangi kompetisi ini di edisi pertama 1996, lalu menyusul gelar kedua dan ketiga di tahun 2000 dan 2002.

Puasa gelar cukup lama dirasakan Thailand setelah itu. Mereka tiga kali masuk final, masing-masing pada 2007, 2008, dan 2012, tetapi selalu menelan kekalahan.

Mereka kemudian kembali mengangkat dua trofi beruntun di dua edisi setelahnya. Mengalahkan Malaysia di pertandingan final 2014 serta membungkam Indonesia dua tahun kemudian.

Theerathon dan kawan-kawan memulai perjalanan di Piala AFF tahun ini sebagai juara Grup A tanpa menelan satu kekalahan pun dari empat laga. Mereka unggul selisih gol atas Indonesia yang menjadi runner-up.

Mereka kemudian kalah dari tuan rumah Malaysia pada leg pertama babak semifinal. Namun, comeback tiga gol tanpa balas saat bermain di kandang sukses mengantar mereka ke final.

Susunan Pemain

Thailand (3-5-2): Kampol Pathomakkakul; Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Weerathep Pomphan, Sasalak Haiprakhon; Teerathon Bunmathan, Pheeradon Chamratsamee, Sarach Yooyen; Poramet Arjvirai, Adisak Kraisorn.

Vietnam (3-5-2): Dang Van Lam; Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Vu Van Thanh; Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Do Hung Dung; Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh.