Ketua Umum KONI Minta Mental Timnas Indonesia Seperti Korea Selatan
Pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas U-19 Indonesia akan menjadi tumpuan pada ajang Piala Dunia U-20, 2021 mendatang. Harapannya, Indonesia tak hanya jadi penggembira. Sebagai tuan rumah, skuat Garuda Muda ditargetkan menembus fase knock-out.

Tugas menciptakan timnas yang berkualitas diberikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kepada pelatih Shin Tae-yong. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu diharapkan bisa membentuk pasukan yang punya mental luar biasa.

Harapan yang sama disampaikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman. Dia ingin melihat para pemain timnas Indonesia memiliki mental pantang menyerah dan punya stamina yang prima.

"Saya ingin pemain timnas Indonesia punya mental tak kenal menyerah dan stamina prima seperti pemain timnas Korea Selatan," ujar Marciano saat menerima kunjungan Shin Tae-yong dan beberapa pengurus PSSI.

Ketum KONI menegaskan, Indonesia tak boleh hanya sukses penyelenggaraan sebagai tuan rumah. Tentunya publik berharap skuat Merah Putih bisa bicara dalam turnamen bergengsi tersebut. Marciano menyatakan, KONI dan seluruh rakyat Indonesia memberikan dukungan kepada Shin Tae-yong dan PSSI untuk membawa timnas Indonesia berprestasi.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengakui mental dan stamina para pemain Indonesia perlu ditingkatkan. Pria berusia 51 tahun ini bahkan menyebut, level timnas Indonesia tak akan berkembang jika hanya bermain di level Asia Tenggara. Selain itu, juga diperlukan sistem yang baik.

Rencananya, Shin Tae-yong akan membawa timnas Indonesia U-19 berlatih di Korea Selatan. Tak hanya latihan, eks pelatih Seongnam FC juga mengagendakan uji coba dengan klub di sana. Namun, rencana pemusatan latihan di luar negeri ini masih tanda tanya mengingat pandemi COVID-19 yang masih mengancam.