Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia menang tipis 1-0 kala berjumpa Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Satu-satunya gol Skuad Garuda dicetak Asnawi Mangkualam Bahar pada menit ke-42.

Sang kapten sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor tendangan penalti. Sepakan kerasnya mengecoh kiper Vietnam, Ngueyen Filip.

Penalti itu lahir dari pelanggaran Nguyen Tanh Binh terhadap Rafael Struick. Dia kedapatan menarik Struick di kotak 12 pas.

Shin Tae-yong punya alasan memercayakan sepakan 12 pas itu kepada Asnawi meski sang kapten sempat cedera dan belum pernah mencetak gol menjelang Piala Asia 2023.

"Saya pikir Asnawi lebih percaya diri, meski belum mencetak gol sebelum pertandingan. Ia merasa baik dan sangat menguasai bola."

"Beruntung Asnawi menendang penalti dengan benar. Mampu membawa kemenangan buat kami," tutur Shin Tae-yong.

Pilihan Shin Tae-yong tak salah. Motivasi tinggi dari Asnawi menjawab kepercayaan sang pelatih.

Timnas Indonesia akhirnya meraup tiga poin lewat gol kemenangan itu. Sekaligus, peluang lolos ke babak gugur Piala Asia 2023 terbuka.

Skuad Garuda kini berada di peringkat ketiga klasemen Grup D dengan perolehan poin sama dengan Jepang yang ada di tangga kedua.

Saat ini, pasukan Merah-Putih ada di peringkat teratas dalam jalur peringkat ketiga terbaik turnamen. Empat tim teratas peringkat ketiga terbaik bakal mendapat tiket ke 16 besar.

Timnas Indonesia masih punya satu laga sisa Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang pada 24 Januari 2024 di Stadion Al Thumama. Tentunya, anak asuh Shin Tae-yong akan tampil di laga itu mati-matian.