Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia menjaga peluang ke babak gugur Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Vietnam. Berikut syarat Merah Putih untuk lolos ke babak 16 besar.

Pasukan asuhan Shin Tae Yong baru saja mengamankan tiga poin setelah menang tipis 1-0 atas The Golden Star pada matchday kedua Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifah, Jumat, 19 Januari malam WIB.

Mendapat tiga poin membuat Indonesia sekarang duduk di posisi ketiga klasemen sementara grup. Mereka berada di belakang Irak yang mengisi posisi teratas dan sudah memastikan diri lolos ke babak gugur serta Jepang yang menempati tempat kedua.

Nasib lolos atau tidaknya Indonesia ke babak 16 besar akan ditentukan pada laga terakhir grup melawan Jepang. Duel tersebut akan berlangsung pada Rabu, 24 Januari mendatang.

Merah Putih otomatis akan lolos mendampingi Irak jika sukses mengalahkan Jepang. Andai sanggup menambah tiga poin, Indonesia akan naik ke posisi runner up grup dengan koleksi enam poin.

Irak sudah dipastikan lolos sebagai juara grup setelah menang atas Jepang. Indonesia tidak akan menggeser mereka sekalipun mereka kalah melawan Vietnam dan Indonesia menang melawan Jepang.

Ini karena Irak unggul head to head melawan Indonesia. Sebelumnya di pertandingan pertama grup, pasukan berjuluk Lions of Mesopotamia itu menang 3-1 atas Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Selanjutnya, jika bermain imbang melawan Jepang maka Indonesia akan mengisi posisi ketiga grup. Jepang runner up karena sudah memiliki surplus satu gol saat ini.

Meskipun menempati peringkat ketiga grup, kans Indonesia ke babak gugur tetap terbuka. Di posisi itu, skuad STY punya peluang lolos melalui empat tim peringkat tiga terbaik.

Seandainya menelan kekalahan melawan Jepang peluang Indonesia juga tetap ada. Koleksi tiga poin masih bisa menyelamatkan Indonesia dengan catatan tergantung hasil dari grup lain.