Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda ada banyak aktivitas fisik di rumah untuk membakar lemak hingga berdampak pada penurunan berat badan. Kegiatan olahraga fisik ini memang banyak dipilih karena bisa dilakukan di rumah dan tak butuh ruang luas atau alat khusus.

Kegiatan olahraga fisik ini bisa dilakukan saat pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau dapat dilakukan setelah pulang dari kantor.

Aktivitas Fisik di Rumah untuk Membakar Lemak

Sebelum melakukan beberapa olahraga fisik, disarankan untuk pemanasan kurang lebih 10 menit agar tidak terjadi cedera. Selain itu, pemanasan dilakukan untuk meningkatkan detak jantung dan menambah aliran darah ke otot dan seluruh badan. Jika sudah, lakukan beberapa kegiatan olahraga fisik berikut ini.

  1. Rocket Jumps

Rocket jumps adalah salah satu gerakan yang membantu membakar lemak. Saat melakukannya, Anda juga harus memerhatikan teknik rocket jumps yang benar. Adapun caranya adalah berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar pinggul. Setelah itu tekuk lutut dengan posisi tangan lurus ke arah pantat.

Lakukan lompatan. Saat melompat usahakan tangan diangkat hingga lurus ke atas. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

  1. Classic Squat

Classic squat harus dilakukan dengan benar agar tak ada tarikan otot dan beban lebih ke lutut. Cara squat adalah dengan berdiri tegak dan lebarkan kaki selebar bahu. Setelah itu retangkan tangan ke depan, turunkan pinggul hingga lutut tertekuk. Arahkan pantat ke belakang. Usahakan punggung tetap lurus. Setelah itu kembalilah ke posisi semula. Lakukan classic squat sebanyak 10 atau 15 kali setiap sesi.

  1. Chair Dips

Chair dips adalah olahraga yang membutuhkan bangku atau kursi sebagai alat bantu. Gerakan ini cukup efektif untuk membakar lemak dan bisa dilakukan di rumah. Caranya, posisikan pantat di depan bangku dengan tangan memegang tepiannya. Luruskan kaki ke arah depan. Setelah posisi sempurna, turunkan pantat serendah mungkin, tetapi posisi tangan tetap memegang bangku. Tarik badan untuk kembali ke posisi semula. Untuk memaksimalkan pembakaran lemak, lakukan chair dips sebanyak 10 kali per hari.

  1. High Knees

Gerakan ini mirip dengan gerakan berlari di tempat. Hanya saja, posisi lutut dan kaki yang diangkat lebih tinggi. Caranya adalah dengan berdiri tegak dan posisi tangan di samping. Setelah itu angkat kaki kanan hingga lutut sejajar dengan panggul diiringi dengan posisi tangan kiri mengepal naik mendekat ke dada. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan kaki dan tangan lainnya.

  1. Burpee

Burpee adalah gerakan yang menggabungkan push up dan squat. Cara melakukan burpee adalah dengan mengambil posisi berdiri, kaki dibuka selebar bahu. Setelah itu tempelkan telapak tangan pelan-pelan ke lantai lalu tarik kaki hingga membentuk posisi push up. Setelah itu kembali ke posisi berdiri seperti semula. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali per hari.

Itulah informasi terkait aktivitas fisik di rumah untuk membakar lemak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.