Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia suskes meraup tiga poin pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat, 19 Januari 2024.

Skuad Garuda menang tipis 1-0 lewat gol tunggal kapten Asnawi Mangkualam Bahar pada menit ke-42 dari titik penalti.

Shin Tae-yong mengakui kemenangan anak asuhnya berkat adanya sedikit faktor keberuntungan.

"Kedua tim berusaha yang terbaik dan ini pertandingan bagus. Kami menang berkat sedikit keberuntungan," kata Shin Tae-yong selepas laga.

Keberuntungan tersebut, menurut Shin Tae-yong, lahir karena dukungan dan doa suporter Indonesia, baik yang menonton langsung ataupun di layar kaca.

Suntikan semangat dari suporter membuat Timnas Indonesia tampil dengan determinasi tinggi sepanjang laga.

"Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar. Mereka membantu Timnas Indonesia tampil sangat baik," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia masih menyisakan satu laga Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang pada 24 Januari 2024. Skuad Garuda akan bertarung mati-matian di laga terakhir grup demi kelolosan langsung ke fase gugur.

Sejauh ini, Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen Grup D dengan tiga poin. Torehan itu sama dengan milik Jepang yang memiliki keunggulan selisih gol.

Andaikan Skuad Garuda kalah atau seri saat berusa Jepang, mereka masih bisa berjuang di jalur peringkat ketiga terbaik.

Saat ini, Timnas Indonesia ada di peringkat pertama jalur peringkat ketiga terbaik, di atas Suriah, Tajikistan, dan Palestina.