Jelang Vietnam vs Indonesia di SEA Games 2021, Shin Tae-Yong Tak Gentar dengan Tekanan Tuan Rumah
Instagram.com/@pssi

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong siap mengawal timnya untuk tampil melawan Vietnam di laga perdana SEA Games Vietnam 2021. Jelang laga yang bakal berlangsung Jumat, 6 Mei pukul 19.00 WIB, sang pelatih juga menegaskan timnya tak akan gentar dengan tekanan dari tuan rumah.

Pertemuan dua negara ini akan berlangsung kandang Vietnam di Stadion Viet Tri. Sebagai tuan rumah, Vietnam jelas mendapat keuntungan karena mereka dapat dukungan penuh dari para suporter.

Dari total kapasitas 16.000 tempat duduk, seluruh tiket diketahui telah ludes terjual sejak Selasa 3 Mei lalu. Hal itu jelas akan membuat kubu tuan rumah mendapat suntikan semangat dari para pendukung mereka.

Kondisi tersebut juga akan menghadirkan tekanan bagi kubu Garuda. Apalagi timnas Indonesia juga suda lama tak merasakan atmosfer yang dihadirkan suporter di stadion sejak pandemi COVID-19.

Kendati sadar bakal ada tekanan besar dari tuan rumah, tapi Shin Tae-yong tak gentar. Ia mengatakan keuntungan memang sedikit berpihak pada Vietnam selaku tuan rumah, tapi timnas juga bisa membalikan keadaan jika berjuang dengan sungguh-sungguh.

“Vietnam bertanding di rumahnya sehingga ini menguntungkan. Tetapi ini pertandingan sepak bola, kalau kami bekerja keras dan berjuang maksimal kami akan memiliki keberuntungan juga,” kata sang pelatih saat konferensi pers pasca laga dikutip dari Antara.

“Jadi, kalau ada kerugian, kami akan manfaatkan menjadi keuntungan," ujarnya menambahkan.

Sejak menangani timnas pada awal 2020, Shin Tae-yong belum pernah sama sekali merasakan atmosfer pertandingan dengan penonton. Bahkan ketika laga uji coba di dalam negeri pun mesti dilaluinya tanpa kehadiran penonton.

Terlepas dari situasi itu, selama menjadi juru taktik Garuda, pelatih asal Korea Selatan itu sempat dua kali mengawal tim menghadapi Vietnam. Pertama saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan kedua di Piala AFF 2020 (2021), namun ketika itu Indonesia gagal mencatat kemenangan.

Berkaca dari pertemuan itu, Shin Tae-yong kali ini bertekad untuk meraih kemenangan perdananya bersama Indonesia atas Vietnam. Apalagi kali ini kans tersebut juga sangat terbuka lebar, sebab kali ini mereka akan menghadapi pemain yang berbeda dalam dua laga sebelumnya.

“Saya mengakui (pada dua pertemuan sebelum ini) Vietnam ada di atas kami. Apa yang terjadi harus diakui, tetapi performa pemain Indonesia semakin meningkat dan mulai ada pemain-pemain yang berkarier di luar negeri,” kata Shin Tae-yong.

"Jadi, dua tahun mendatang bisa bertanding lebih baik melawan Vietnam. Dalam dua pertandingan terakhir memang kami kalah, tetapi belum tentu untuk pertandingan kali ini (SEA Games)," ujar Shin percaya diri.