Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Gabung Indonesia U-23 di Perempat Final Piala Asia U-23
Nathan Tjoe-A-On kembali gabung Indonesia U-23 (Instagram/@nathantjoeaon).

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik menghinggapi Timnas Indonesia U-23. Nathan Tjoe-A-On diizinkan SC Heerenveen untuk gabung Garuda Muda di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Informasi itu dikabarkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada Selasa, 23 April 2024, malam WIB.

Dia bahkan mengungkapkan klub Eredivisie itu mengizinkan Nathan membela Indonesia U-23 sejauh apa pun perjalanan tim di Piala Asia U-23 2024.

"Kabar baik datang dari Belanda yang mana Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat Timnas Indonesia U-23 hingga sisa Piala Asia U-23 2024," ujar Erick dalam keterangannya.

Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis, 25 April 2024.

Setelah diizinkan Heerenveen, Nathan langsung terbang ke Qatar guna persiapan laga melawan Korea Selatan U-23. Erick mengatakan usaha melobi klub asal Belanda itu sukses berkat dukungan seluruh pihak.

Selain Ketua Umum PSSI yang turun langsung melobi petinggi Heerenveen, sejumlah pihak ikut membantu lewat pendekatan personal serta informal.

"Tentu terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga lawan Korea Selatan U-23 dengan kekuatan utuh," kata Erick.

Lebih lanjut, secara khusus Erick mengucapkan terima kasih kepada suporter yang ikut berusaha keras menyampaikan pesan langsung ke Heerenveen via media sosial.

"Terima kasih dukungan suporter yang mengharapkan Nathan dilepas klubnya, sampai-sampai banyak singgah komentar dengan sangat sopan ke sosial media Heerenveen," tutur Erick.

Sebelumnya, lobi PSSI kepada Heerenven terkait izin melepas Nathan berujung sebuah kesepakatan. Kedua belah pihak sepakat Nathan bergabung Indonesia U-23 hanya sepanjang babak grup.

Sesuai target federasi, Nathan dilepas cuma untuk memenuhi pencapaian lolos ke babak gugur Piala Asia U-23 2024. Setelah target tercapai, pemain 22 tahun harus pulang lagi ke Heerenveen.

Namun, kontribusi Nathan yang begitu penting buat Garuda Muda membuat namanya kembali digaungkan untuk gabung skuad asuhan Shin Tae-yong sepanjang perjalanan Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Terlepas dari itu, lobi-lobi yang dilakukan PSSI dengan terjun langsung bukan kali pertama. Permohonan kepada Heerenveen ini merupakan upaya keempat federasi untuk mendapat pemain sesuai keinginan Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu ingin skuad terbaik untuk mengisi Timnas Indonesia U-23.

Selain Nathan, pemanggilan Justin Hubner dari Cerezo Osaka juga melalui drama serupa. PSSI sukses melobi klub J-League 1 itu untuk melepas sang gelandang selama Indonesia U-23 bertanding di Piala Asia U-23 2024.

Lalu, ada upaya lain, seperti meliburkan Liga 1 2023/2024 demi klub-klub bersedia melepas pemain.

"Memang tidak mudah, tapi pada akhirnya kita bersyukur seluruh pemain yang diinginkan coach Shin Tae-yong bisa tersedia. Kini tinggal usaha dan doa terbaik kita berikan demi hasil terbaik di delapan besar," ujar Erick.