Bagikan:

JAKARTA - PSSI tengah mengupayakan kehadiran Nathan Tjoe-A-On di skuad Timnas Indonesia U-23 yang bakal melakoni perempat final Piala Asia U-23 2024.

Upaya melobi SC Heerenveen terlihat dari unggahan yang dibagikan Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Lewat akun Instagram pribadinya, ia menulis pesan dan berharap agar klub asal Belanda itu bersedia melepaskan lagi Nathan ke Timnas Indonesia U-23 sementara waktu.

"Kami meminta bantuan Anda, SC Heerenveen, sehingga Nathan bisa diberi izin memperkuat Indonesia U-23 pada putaran selanjutnya di Piala Asia U-23," tulis Arya dalam unggahan di Instagram dikutip Selasa, 23 April 2024.

Permintaan itu dilakukan pihak federasi untuk kedua kalinya. Sebelumnya, SC Heerenveen telah bersedia melepas Nathan Tjoe-A-On untuk membantu Timnas Indonesia U-23 berjuang di fase grup.

Nathan sempat mendapat izin selama sepekan untuk ikut membela Garuda Muda. Dalam kesempatan itu, pemain 22 tahun tersebut berkesempatan tampil di tiga laga fase grup yang akhirnya berbuah manis.

Selama masa penyisihan grup, Nathan jadi andalan lini tengah Timnas Indonesia U-23. Ia bermain di seluruh laga dengan catatan dua kali starter dan satu kali sebagai pengganti.

Meski kehadiran Nathan cukup membantu tim, sesuai perjanjian PSSI dan SC Heerenveen, sang pemain mesti kembali setelah fase grup selesai.

Kini dengan kelolosan Timnas Indonesia U-23 ke perempat final dan akan melawan Korea Selatan U-23, kehadiran Nathan begitu dibutuhkan tim.

Andai Heerenveen tak bersedia melepas kembali Nathan maka situasi ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi Shin Tae-yong. Ia harus mencari cara untuk menambal lini tengah yang ditinggal Nathan.