Bagikan:

JAKARTA - Nathan Tjoe-A-On kembali ke klubnya, SC Heerenveen, di Belanda usai membantu Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepulangan Nathan ke Belanda itu kemudian dikonfirmasi PSSI.

Melalui Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, Nathan memang langsung kembali ke Belanda setelah tampil bela Timnas Indonesia U-23 di terakhir fase grup melawan Yordania U-23.

Hal itu ternyata berkaitan dengan izin terbatas yang diberikan SC Heerenveen.

Arya Sinulingga membeberkan bahwa sejatinya Nathan dilepas ke Timnas Indonesia U-23 melalui negosiasi alot. Setelah Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, melobi klub asal Belanda itu, akhirnya Nathan bisa gabung, tapi dengan syarat hanya sampai laga di fase grup.

"Memang awalnya PSSI melobi klub Nathan (SC Heerenveen). Dari hasil lobi itu, memang awalnya berat betul mereka melepas Nathan," kata Arya Sinulingga menjelaskan dalam keterangan yang dikutip Senin, 22 April 2024.

Ketum PSSI telah melakukan upaya maksimal agar Nathan bisa merapat ke Timnas Indonesia U-23. Pihak federasi pun akhirnya setuju dengan syarat yang dipatok klub.

"Pak Ketua (Umum PSSI) minta langsung untuk minimal bisa lolos delapan besar Piala Asia U-23 2024 karena target awal kami di sana," ucap Arya Sinulingga.

"Pak Ketua usaha betul supaya Nathan bisa bermain dan mencapai target yang sudah ditargetkan kepada pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong," katanya.

Mengingat kesepakatan yang dibuat antara PSSI dan SC Heerenveen, Nathan memang harus kembali setelah laga terakhir grup pada Minggu, 21 April 2024.

"Sekarang sudah lolos grup dan memang itu yang kami lobi ke klubnya Nathan, usaha yang kami buat," ujarnya.

Dengan janji memulangkan Nathan selepas fase grup, kemungkinan besar Timnas Indonesia U-23 bakal tampil tanpa pemain 22 tahun itu di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Situasi itu menjadi tantangan tersendiri karena selepas mengalahkan Yordania U-23, Garuda Muda akan menghadapi juara Grup B antara Korea Selatan atau Jepang.