Enam Tim Sudah Dapat Tiket ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Babak grup Piala Asia U-23 2024 memang belum tuntas. Namun, sudah ada enam tim yang memastikan tiket ke perempat final.

Semua partai Grup sudah kelar. Dua tim melenggang ke fase gugur, yaitu Qatar U-23 dan Timnas Indonesia U-23.

Tuan rumah Qatar U-23 menjadi juara grup setelah mengumpulkan tujuh poin dari hasil dua kemenangan dan satu seri. Sementara Garuda Muda mengamankan kelolosan dengan koleksi enam poin dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Indonesia U-23 sukses mengamankan tiga poin di laga terakhir grup usai menekuk Yordania U-23 dengan skor telak 4-1 pada Minggu, 21 April 2024.

Pada laga di Stadion Abdullah bin Khalifa itu Timnas Indonesia U-23 mengamankan keunggulan dua gol di babak pertama laga melalui Marselino Ferdinan (23’) dan Witan Sulaeman (40’).

Pada babak kedua, dua gol disumbangkan Marselino Ferdinan (70') dan Komang Teguh (86').

Yordania U-23 mendapat gol hiburan. Satu-satunya gol mereka berasal dari gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79.

Hasil ini juga membuat sejarah. Debut Indonesia U-23 langsung melangkah ke babak delapan besar Piala Asia U-23.

Setelah mengamankan tempat di babak perempat final, Timnas Indonesia U-23 kini tinggal menunggu lawan yang akan dihadapi. Korea Selatan atau Jepang akan jadi kandidat yang bakal jumpa di laga pada 25 April 2024.

Sementara itu, tiga grup lain akan melangsungkan laga terakhir pada 22 dan 23 April 2024. Namun, empat tim dari dua grup sudah memastikan tiket ke perempat final hanya melalui dua laga.

Grup B misalnya, mengirimkan Korea Selatan dan Jepang. Keduanya meraih poin sempurna dari dua laga dan sudah tidak mungkin dikejar Uni Emirat Arab dan serta China yang belum mengoleksi poin.

Pertandingan Korea Selatan vs Jepang di laga terakhir grup hanya untuk menentukan siapa pemuncak klasemen.

Kemudian dari Grup D, Uzbekistan dan Vietnam melenggang ke perempat final. Perolehan poin maksimal di dua laga membuat Malaysia dan Kuwait tak mungkin menggusur karena keduanya tanpa poin.

Partai terakhir Grup D antara Uzbekistan dan Vietnam hanya untuk menasbihkan siapa pemuncak klasemen.

Sementara itu, Arab Saudi, Thailand, dan Irak masih bersaing di Grup C untuk lolos ke babak gugur.

Saat ini, Arab Saudi memimpin klasemen dengan enam poin. Thailand menguntit di bawahnya dengan raihan tiga poin. Irak yang ada di peringkat ketiga mengoleksi poin sama dengan Thailand.

Pada laga terakhir Arab Saudi akan berjumpa Irak, sedangkan Thailand bertemu Tajikistan.

Arab Saudi memang satu langkah sudah memijakkan kaki di babak gugur. Kalaupun kalah melawan Irak, mereka tetap sulit tergusur mengingat selisih gol Arab Saudi (+7) sangat jauh dari perolehan pesaingnya.

Thailand punya catatan kurang apik dalam hal selisih gol (-3). Lalu, Irak punya selisih gol 0.

Artinya, butuh banyak gol kemenangan dari kedua tim itu jika ingin menendang Arab Saudi ke peringkat ketiga.

Dengan demikian, sejatinya pertarungan Grup C hanya tertuju kepada Thailand dan Irak. Kedua tim berusaha mendapatkan poin maskimal di laga terakhir.

Irak punya kans menggusur Thailand dari peringka kedua klasemen jika menang melawan Arab Saudi. Sementara Thailand harus menang besar agar head-to-head dngan Irak aman.

Soalnya, dalam regulasi Piala Asia U-23 2024, selisih gol menjadi poin penilaian utama sebelum memperhitungkan hasil pertemuan tim yang bersaing.

Enam Tim di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

1. Qatar

2. Korea Selatan

3. Jepang

4. Vietnam

5. Uzbekistan

6. Indonesia