Tiga Tim Dipastikan Tersingkir dari Piala Asia 2023, Dua di Antaranya dari Asia Tenggara
Vietnam tereliminasi dari Piala Asia 2023 (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak tiga tim sudah pasti memupus impian ke fase gugur Piala Asia 2023. Kepastian itu sudah mempertimbangkan catatan dalam head-to-head.

Grup A misalnya, menjadi satu-satunya grup yang sudah menyelesaikan semua pertandingan penyisihan.

Sebagai korban, Lebanon tim yang sudah pasti pulang karena menjadi juru kunci. Pada laga terakhir melawan Tajikistan di Stadion Jassim bin Hamad, Senin, 22 Januari 2024, mereka takluk 1-2.

Bergeser ke grup lain, ada dua grup yang bahkan sudah memastikan tim tereliminasi dari dua laga saja.

Dua tim Asia Tenggara, Malaysia dan Vietnam, harus menyudahi perjuangannya di Qatar meski mereka masih punya satu sisa pertandingan.

Vietnam angkat koper selepas menelan kekalahan dari Timnas Indonesia 0-1 pada Jumat, 19 Januari 2024. Kekalahan itu membuat Golde Star pasti menjadi juru kunci Grup D.

Kalaupun mereka menang melawan Irak di laga terakhir, posisi Vietnam tetap terbawah karena kalah head-to-head dari Timnas Indonesia maupun Jepang.

Kemudian, Malaysia jadi salah satu wakil Asia Tenggara yang juga dipastikan tersingkir di Piala Asia 2023. Harimau Malaya berada di dasar klasemen setelah menelan kekalahan 0-4 dari Yordania dan 0-1 dari Bahrain.

Andaikan mereka menang pada laga pemungkas Grup E melawan Korea Selatan, posisi Malaysia tidak akan berubah lantaran kalah head-to-head dengan Bahrain. Itu pun sudah dengan catatan Bahrain kalah di laga terakhir kontra Yordania.

Jumlah daftar tim tersingkir dari Piala Asia 2023 akan bertambah malam ini, Selasa, 23 Januari 2024, seiring dengan digelarnya empat pertandingan.

Keempat laga yang akan bertanding ialah empat tim dari Grup B yang terdiri dari Australia vs Uzbekistan dan Suriah vs India. Dua laga lagi menampilkan pertandingan di Grup C antara Iran vs Uni Emirat Arab dan Hong Kong vs Palestina.

Daftar Tim Tersingkir dari Fase Grup Piala Asia 2023

Grup A: Lebanon

Grup D: Vietnam

Grup E: Malaysia