Timnas Indonesia vs Jepang: Striker Samurai Biru Ibaratkan Laga Final
Takuma Asano waspada melawan Timnas Indonesia (Instagram/@asatakugram).

Bagikan:

JAKARTA - Striker Timnas Jepang, Takuma Asano, menatap laga ketiga Grup D Piala Asia 2023 dengan serius. Dia menggambarkan pertemuan dengan Indonesia itu seperti laga final.

Laga Jepang vs Indonesia akan digelar di Stadion Al Thumama, Doha, pada Rabu, 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Pertemuan ini begitu penting karena akan menentukan langkah ke fase gugur bagi kedua tim.

Jepang yang saat ini ada di peringkat kedua klasemen Grup D minimal hanya membutuhkan hasil seri lawan Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Kendati target mereka tak terlalu berat, tapi Jepang tidak ingin memandang remeh Indonesia. Hasil dua pertandingan sebelumnya memberikan pelajaran penting kepada tim asuhan Hajime Moriyasu.

"Kami hanya harus melakukan apa yang kami bisa. Kami tidak berhasil saat melawan Irak. Laga melawan Irak memberikan pelajaran penting untuk pertandingan berikutnya (lawan Indonesia)," ujar Takuma Asano dikutip dari Nikkan Sport pada Selasa, 23 Januari 2024.

Meski cukup menutup laga dengan hasil seri, Asano tampaknya tidak ingin Jepang hanya berpatokan pada hasil minimal saat lawan Indonesia.

Penyerang klub Jerman, Bochum, itu ingin Jepang tampil habis-habisan lawan Skuad Garuda layaknya duel nanti adalah laga final Piala Asia 2023.

"Saya tidak punya pilihan selain memberikan segalanya seolah-olah pertandingan berikutnya benar-benar adalah pertandingan terakhir seperti laga final," kata Asano.

Jepang yang saat ini menempati peringkat ke-17 dunia lebih diunggulkan ketimbang Indonesia yang berada di peringkat ke-146.

Namun, kekalahan dari Irak dan dua kali dibobol Vietnam bakal membuat Jepang waspada menghadapi Timnas Indonesia. Skuad Garuda mampu mengantongi kemenangan 1-0 saat menghadapi Vietnam di laga sebelumnya.