Indonesia U-20 vs China U-20: Gol Indah Ji Da Bin Selamatkan Garuda Muda
Timnas Indonesia U-20 melawan China U-20 di uji coba (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Hasil uji coba Timnas Indonesia U-20 vs China U-20 di Stadion Madya pada Senin, 25 Maret 2024, kembali berakhir seri 1-1.

Ji Da Bin menjadi penyelamat Garuda Muda setelah golnya pada menit ke-90 menyelamatkan tim dari kekalahan.

Laga berlangsung ketat pada babak pertama. Kedua tim gagal membuka keran gol sehingga skor tetap 0-0 hingga turun minum.

Indra Sjafri lantas melakukan sejumlah pemain memasuki paruh kedua. Dia mengganti kiper Ikram Al Giffari dengan Firah Maulana.

Kemudian, di sektor depan tak luput dari penyegaran. Muhammad Ragil dan Muhammad Nabil Asyura digantikan Basajum Latuconsina serta M. Mufdi Iskandar.

Hanya saja, pergantian itu belum juga membuahkan hasil sampai laga berjalan satu jam.

Pelatih Indonesia U-20 kembali melakukan perubahan dalam komposisi pemain di lapangan. Pada menit ke-61, dia memasukkan tiga pemain sekaligus.

Muhammad Alfharezzi Buffon, Eros Dermawan, dan Taufik Rustam masuk menggantikan Muh. Mufli Hidayat, Figo Dennis, dan Arkhan Kaka.

Rotasi tersebut cukup memberikan perubahan signifikan terhadap permainan tim. Apalagi, setelah masuknya Ridzjar Nurviat dan Ji Da Bin pada 10 menit sebelum bubaran.

Namun, justru Indonesia U-20 kebobolan lebih dulu melalui gol Zhong Wen pad amenit ke-85.

Gol tersebut lahir akibat blunder kper Fitrah Maulana yang kurang akurat dalam memberikan operan pendek kepada Ridzjar di daerah sendiri.

Operan itu berhasil dipotong Liu Chengyu yang langsung mengirim umpan kepada Zhu Pengyu. Upaya Zhu sempat digagalkan Meshall Hamzah yang bisa menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Sayang, bola sapuan itu jatuh ke kaki Liu Chengyu. Dia dengan cepat mengoper kepada Zhong Wen yang ada di tiang kedua untuk mengonversi menjadi gol.

Tertinggal satu gol tak membuat Garuda Muda menyerah. Kerja keras mereka berbuah hasil pada pengujung babak kedua.

Sepakan voli indah Ji Da Bin pada menit ke-90 menggetarkan jala gawang China U-20 yang membuat skor seri 1-1. Gol itu menyelamatkan Garuda Muda dari kekalahan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 1-1 tak berubah.

Hasil ini serupa dengan uji coba pertama Indonesia U-20 vs China U-20 pada Jumat, 22 Maret 2024.

Pada laga tersebut, Indonesia U-20 juga tertinggal lebih dulu pada menit ke-15 melalui gol Peng Xiao sebelum disamakan Figo Dennis pada menit ke-92 lewat gol penalti.