Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 berhasil menumbangkan Australia dengan skor tipis 1-0 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis, 18 April 2024.

Gol kemenangan semata wayang itu dibukukan Komang Teguh pada menit ke-45. Dia menyundul bola hasil sepakan Nathan Tjoe-A-On yang mengecoh kiper Patrick Beach.

Tambahan tiga poin membuat Indonesia U-23 bertengger di peringkat kedua klasemen Grup A. Situasi itu membawa Garuda menjaga asa lolos ke fase gugur Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan itu bak titik balik buat Marselino Ferdinan dan kolega. Sebelumnya, mereka kalah secara kontroversial melawan tuan rumah Qatar U-23 dengan skor 0-2 sehingga membuat mental jatuh.

Namun, Indonesia U-23 membuktikan bahwa mentalitas mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Terlihat dari penampilan melawan Australia U-23 yang mana Garuda Muda pantang menyerah dan berjuang dengan segala cara mempertahankan keunggulan.

Tak heran, Shin Tae-yong melempar pujian kepada tekad para pemainnya. Meski merupakan tim debutan di Piala Asia U-23, mereka menunjukkan kepantasan sebagai pesaing yang tak bisa diremehkan.

Bahkan, Indonesia U-23 nyaris tertinggal pada menit ke-25. Beruntung Ernando Ari Sutaryadi menepis tendangan penalti Mohamed Toure. Momen itu jelas menjadi ledakan semangat Garuda Muda.

"Kami mengharapkan pertandingan yang sulit dan itu (melawan Australia U-23) adalah pertandingan yang sangat sulit."

"Saya tegaskan kepada para pemain sebelum pertandingan untuk pantang menyerah, untuk membangkitkan kepercayaan diri para pemain," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong lebih lanjut menegaskan bahwa Garuda Muda bukanlah tim remeh saat ini. Sejak kedatangan pelatih asal Korea Selatan itu pada 2019, sepak bola Indonesia banyak berubah.

Arsitek 53 tahun itu pun sudah membuktikan saat Timnas Indonesia senior tampil di Piala Asia 2023. Tim Merah-Putih berhasil lolos ke fase gugur untuk pertama kali dalam sejarah keikutsertaan.

Upaya Shin Tae-yong membangun generasi pesepak bola muda berkualitas sudah menunjukkan hasil.

Bahkan, menilik skuad Indonesia U-23 yang dibawanya saat ini, hampir setengahnya sudah diberikan menit reguler di Timnas Indonesia senior oleh Shin Tae-yong.

"Kami harus memiliki mentalitas yang kuat dan para pemain melakukannya dengan baik. Mereka melakukan upaya luar biasa."

"Sekarang tim kami terus berkembang dan alasan itulah yang mungkin menjadi alasan kami menang melawan Australia u-23," kata Shin Tae-yong selepas laga di laman AFC.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga terakhir Grup A menghadapi Yordania U-23 pada 21 April 2024. Partai itu akan menjadi penentu kelolosan Garuda Muda.

Ernando Ari dan kolega minimal bermain seri dengan catatan Australia U-23 kalah dari Qatar U-23.