RB Leipzig Gagal Lanjutkan Tren Kemenangan
RB Leipzig bermain seri 1-1 kontra Werder Bremen (Instagram/@rbleipzig).

Bagikan:

JAKARTA - RB Leipzig bertandang ke markas Werder Bremen, Weserstadion, pada pekan ke-16 Bundesliga 2023/2024, Rabu, 20 Desember 2023, dini hari WIB.

The Bulls, julukan Leipzig, gagal menempel ketat Bayern Munchen setelah meraup satu poin.

Leipzig memang unggul dalam penguasaan bola dan penciptaan peluang. Mereka mengemas 56 persen penguasaan bola dan 17 kali melepas tembakan, delapan di antaranya tepat sasaran.

Angka itu cukup timpang dengan perolehan tuan rumah yang cuma menembak 11 kali dan cuma dua di antaranya yang mengarah ke gawang.

Artinya, penyelesaian akhir Leipzig menjadi masalah karena mereka hanya sukses mencetak satu gol, sama dengan Bremen.

Leipzig bahkan nyaris membuka keunggulan saat laga baru bergulir satu menit. Castello Lukeba menembak dari dalam kotak penalti usai mengamankan bola sapuan bek lawan. Sayang, tembakannya masih membentur tiang.

Setelah itu, beberapa peluang anak asuh Marco Rose tak ada yang membahayakan.

Sementara, tuan rumah Bremen bukan tanpa kans. Mereka hampir unggul lebih dulu pada menit ke-32 andai tandukan Rafael Santos Borre Maury tak digagalkan Jonathan Blaswich.

Pada menit ke-42, Leipzig sebetulnya bisa menggetarkan jala gawan Bremen. Bermula dari tendangan keras Amadou Haidara dari luar kotak penalti membentur tiang. Bola liar langsung disambar Yussuf Poulsen.

Namun, wasit menganulir gol tersebut setelah meninjau VAR. Poulsen telah offside lebih dulu.

Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama kelar setelah kedua tim gagal memanfaatkan peluang yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Leipzig mengancam dengan cepat, seperti halnya mengagetkan Bremen pada babak pertama.

Bedanya, kali ini ancaman mereka pada awal babak berbuah gol pembuka. Lois Openda masuk papan skor setelah aksinya pada menit ke-47.

Dia menerima umpan lambung terobosan dan berduel dengan bek lawan sebelum berhadapan Michael Zetterer. Upaya pertamanya bisa diblok kiper. Namun, Openda mengamankan bola muntah kemudian menceploskan bola ke gawang Bremen.

Bremen merespons pada menit ke-55. Hanya, penetrasi Borre Maury dari sisi kiri penyerangan berhasil diblok Blaswich.

Selagi asyik mencari gol penyama kedudukan, Bremen hampir kebobolan. Openda lepas dari penjagaan dan tinggal berhadapan Zetterer pada menit ke-67. Beruntung, sang striker gagal memanfaatkan peluang itu setelah gocekannya terbaca kiper.

Akhirnya, Bremen menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Tembakan placing Justin Njinmah dari luar kotak penalti sulit dijangkau Balswich.

Setelah itu, tak ada peluang berarti dari kedua tim. Skor 1-1 bertahan hingga laga beres.

Tambahan satu poin membuat RB Leipzig gagal menempel Bayern Munchen di peringkat kedua. The Bulls kini bertengger di tangga ketiga dengan 33 poin, selisi dua angka dari Munchen.

Sekaligus, hasil seri ini menyetop rangkaian poin sempurna sebelumnya. RB Leipzig mengemas empat kemenangan beruntun di semua ajang, tiga di antaranya di Bundesliga 2023/2024.