Bagikan:

JAKARTA - Frosinone menghadapi Napoli di babak 16 besar Coppa Italia setelah menyingkirkan Torino. Dalam duel di babak 32 besar di Stadion Olimpico, Jumat, 3 November dini hari WIB, Frosinone menang 2-1 atas Torino melalui perpanjangan waktu.

Pertarungan dua tim Serie A Italia yang berlangsung ketat. Torino memiliki modal bagus setelah meraih kemenangan 1-0 atas Lecce. Mereka juga bermain di kandang sendiri sehingga mendapat dukungan dari tifosi.

Sementara, Frosinone justru menelan kekalahan dari Cagliari 4-3. Kekalahan itu menjadikan perolehan poin Frosinone disamakan Torino.

Duel itu berjalan imbang. Namun tim tamu unggul lebih dulu lewat gol cepat Arijon Ibrahimovic. Pertandingan baru berjalan lima menit, pemain berusia 17 ini sukses mengecoh kiper Luca Gemello.

Hanya Torino sempat memprotes gol itu karena dinilai kontroversial. Dalam proses terjadinya gol, gelandang Frosinone Luca Mazzitelli sesungguhnya melakukan pelanggaran terhadap pemain Gvida Gineitis.

Selain itu, dia sempat handball karena menyentuh bola dengan lengan. Namun tinjauan VAR menilai tidak ada pelanggaran sehingga gol tetap sah.

Meski demikian Torino tetap bermain menyerang dan sempat mengancam gawang lawan. Tercatat dua peluang diperoleh lewat Duvan Zapata dan Antonio Sanabria, tetapu mereka gagal mengonversi menjadi gol.

Torino akhirnya bisa menyamakan skor. Di menit 31, David Zima sukses menjebol gawang Frosinone setelah menyambut sepak pojok dari Gineitis. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Torino mengambil inisiatif menyerang. Sanabria kembali mendapat peluang untuk mencetak gol. Hanya saja dia gagal menuntaskannya.

Sedangkan Ivan Ilic yang masuk sebagai pemain pengganti sempat membobol gawang Frosinone di menit 75. Dia menyambut umpan panjang dari Duvan Zapata. Sayangnya, gol dianulir karena dia dalam posisi offside.

Kedua tim gagal mencetak gol sampai 90 menit waktu normal. Begitu pula tambahan waktu tak bisa dimanfaatkan sehingga skor tetap imbang dan pertandingan dilanjutkan babak extra time.

Torino sempat mendapat hadiah penalti saat bek Frosinone Caleb Okoli dinilai melakukan pelanggaran terhadap Demba Seck. Namun wasit membatalkannya setelah meninjaunya lewat VAR.

Saat pertandingan berjalan kian ketat dan panas, Frosinone yang berhasil memanfaatkan keuntungan. Gelandang Reiner yang masuk menggantikan Ibrahimovic menjadi penentu kemenangan setelah mencetak gol di menit 98.

Berawal dari serangan balik, pemain asal Brasil berusia 21 ini sukses menyelesaikan umpan dari Kaio Jorge. Skor berubah menjadi 2-1 untuik Frosinone dan bertahan sampai akhir laga.

Pada pertandingan lain, Sassuolo lolos ke 16 besar setelah menyingkirkan tim Serie B Spezia. Kedua tim bermain imbang 0-0 sehingga laga diselesaikan adu penalti. Sassuolo akhirnya menang 5-4.

Keberhasilan Sassuolo dan Frosinone menjadikan babak 16 besar dikuasai tim Serie A. Termasuk Salernitana yang saat ini menduduki dasar klasemen. Salernitana sendiri menantang Juventus di babak itu.