Lolos ke Perempat Final Liga Champions, Xavi Hernandez Tetap Tinggalkan Barcelona
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Xavi Hernandez sukses membungkam kritik setelah membawa Barcelona lolos ke perempat final Liga Champions 2023/2024. Hanya saja, Xavi tetap akan meletakkan jabatan dan meninggalkan klub setelah berakhirnya kompetisi.

Barca menunjukkan performa terbaik saat menghabisi Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2023/2024, Rabu, 13 Maret 2024, dini hari WIB. Kemenangan meyakinkan itu menjadikan Barca menang agregat 4-2 karena pada leg pertama mereka bermain imbang 1-1.

Dalam aturan anyar UEFA, gol di laga tandang sudah tidak diperhitungkan lagi. Jadi, tim pemenang pada laga di Olimpic de Montjuic itu lolos ke perempat final. Bila skor seri 0-0 atau 2-2, laga dilanjutkan extra time dan adu penalti.

Xavi pun menuntaskan misi membawa Barca ke perempat final sekaligus membungkam para pengkritik. Sebelumnya, Xavi diragukan meloloskan Blaugrana.

Apalagi, dirinya memilih mengandalkan pemain yang masih berusia 17, seperti Lamine Yamal dan Pau Cubarsi.

Namun, Xavi membuktikan bahwa Barca bisa menembus delapan besar untuk kali pertama sejak empat tahun lalu. Selama ini, Barca hanya mampu bertahan sampai babak 16 besar.

"Banyak yang tak percaya kepada saya. Mereka mengatakan saya bakal gagal. Kami memang menerima banyak kritik yang tidak adil. Namun, kini kami menunjukkan tim mampu bersaing di kompetisi Eropa. Tim ini sangat bagus saat menguasai atau tanpa bola," ucap Xavi.

"Kami pantas menang daripada Napoli. Kami bermain lebih baik dalam menyerang dan bertahan. Ini yang menjadikan kami mencetak lebih banyak gol," katanya lagi.

Tak hanya itu, Xavi juga menepis kemungkinan bertahan di Barca. Dirinya memastikan tetap meninggalkan Blaugrana, apa pun pencapaian klub pada akhir musim. 

"Anda selalu bertanya apakah saya bertahan bila juara Liga Champions. Jawab saya, tidak. Saya tidak akan bertahan. Saya tidak akan mengubah keputusan saya. Saya akan pergi di akhir musim," ujar Xavi.  

Pada laga melawan Napoli, Barca langsung mencetak dua gol dalam tempo dua menit lewat Fermin Lopez dan Joao Cancelo. Napoli sempat memperkecil ketertinggalan setelah Amir Rrahmani menaklukkan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Selanjutnya, striker Robert Lewandowski memantapkan keunggulan Barca dengan mencetak gol menjelang akhir pertandingan. Barca menutup leg kedua tersebut dengan kemenangan 3-1.

"Napoli memang tim yang punya kualitas. Mereka juga punya peluang mencetak gol. Namun, kami yang pantas menang karena lebih mendominasi," ujar Xavi yang membawa Barca memenangi Liga Champions sebanyak empat kali saat masih menjadi pemain.

"Kini, kami merupakan salah satu dari delapan tim top Eropa. Ini hal yang luar biasa bagi Barca dan fans. Saya juga yakin kami mampu bersaing di perempat final. Saya bangga dan puas dengan performa mereka," ucapnya.

Usai lolos ke perempat final, Xavi langsung meminta pemain fokus menghadapi laga berikutnya. Mereka melakoni big match melawan tuan rumah Atletico Madrid, Senin, 18 Maret 2024, dini hari WIB.