Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik datang untuk Timnas Indonesia yang akan kembali mendapat tambahan amunisi. Proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On bakal segera rampung.

Pemain kelahiran Belanda yang punya darah Indonesia ini dijadwalkan menjalani pengambilan sumpah janji setia warga negara Indonesia (WNI) dalam waktu dekat. Kabar ini dibagikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan.

Endri mengatakan pihaknya sedang mengurus jadwal terbaru Nathan untuk bisa menjalani pengambilan sumpah WNI.

“Nathan mungkin (mengambil sumpah WNI) Januari 2024. Mudah-mudahan bisa secepatnya karena belum diizinkan klubnya. Diusahakan Januari, secepatnya. Lagi diatur pihak sekretariat PSSI,” ujar Endri Erawan dalam keterangan yang dikutip Jumat, 29 Desember 2023.

Sebelumnya, Nathan Tjoe-A-On memang telah menjalani proses naturalisasi. Dia tinggal mengambil sumpah, tetapi urung terlaksana.

Ia semula dijadwalkan menjalani sumpah WNI bersama Jay Idzes di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis, 28 Desember 2023.

Namun, agenda penting itu tak terlaksana karena Nathan berhalangan hadir. Pemain 22 tahun itu tak tak mendapat izin dari klubnya, Swansea City.

Terlepas dari jadwal pengambilan sumpah WNI Nathan yang bergeser, tapi pihak federasi mengupayakan secepatnya proses naturalisasi itu kelar dan bakal menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia.

Andai proses pengambilan sumpah WNI sang pemain rampung pada Januari 2024 maka Nathan diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Maret 2024.