Bagikan:

JAKARTA - Proses pewarganegaraan Jay Idzes rampung. Pemain 23 tahun itu selesai mengambil sumpah janji setia warga negara Indonesia (WNI) pada Kamis, 28 Desember 2023.

Idzes dijadwalkan melakukan pengambilan sumpah di Kemenkumham DKI Jakarta pada pukul 08.00 WIB. Dia datang dengan setelan sesuai ketentuan, yaitu jas lengkap warna hitam, dasi, dan peci.

Ditemani kekasihnya, Pien Boonen, Idzes sudah tiba di Kemenkumham DKI Jakarta pukul 07.45.

Jay Idzes
Jay Idzes saat pengambilan sumpah WNI (dok. PSSI).

Dia kemudian masuk ke tempat pengambilan sumpah WNI yang dipimpin Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Prosesi pengambilan sumpah diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum Idzes berucap sumpah setia WNI.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Idzes mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta.

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia saya kepada kekuasaan asing, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas," tutur Idzes kemudian.

Selepas rampung berucap sumpah setia berarti Idzes sudah resmi menjadi WNI. Kini, dia tinggal menunggu penyelesaian administrasi paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jay Idzes
Jay Idzes saat pengambilan sumpah WNI (dok. PSSI).

Sejatinya, Jay Idzes menjalani proses naturalisasi bersama Nathan Tjoe-A-On. Pewarganegaraan keduanya pun sudah disetujui di Paripurna DPR.

Hanya saja, pengambilan sumpah setia WNI untuk Nathan tidak bisa digelar berbarengan Idzes karena sang pemain harus membela klubnya, Swansea City.

Jay Idzes
Jay Idzes saat pengambilan sumpah setia WNI (dok. PSSI).

Sementara itu, Jay Idzes kini sudah bisa membela Timnas Indonesia. Namun, tampaknya peluang sang gelandang tampil di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 sudah tertutup mengingat nama Idzes tidak didaftarkan Shin Tae-yong.