Jerman Menang Lawan Perancis, Nagelsmann Lepas dari Tekanan
Pemain Jerman kian meningkat kepercayaan dirinya setelah mengalahkan Perancis di laga uji coba. (X/@ DFB_Team_EN)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Jerman Julian Nagelsmann sudah lepas dari tekanan setelah Ilkay Gundogan dkk bermain mengesankan saat menang 2-0 atas Perancis di laga uji coba. Kemenangan dalam laga di Stadion Groupama, Minggu, 24 Maret 2024 dini hari WIB dini hari WIB setidaknya telah mendongkrak kepercayaan diri pemain.

Laga besar melawan Perancis ditandai dengan kembalinya gelandang veteran Toni Kroos. Pemain tengah Real Madrid ini kembali bergabung dengan Die Mannschaft setelah menyatakan pensiun tiga tahun lalu.

Tak hanya itu, Kroos pula yang memberi assist matang yang dituntaskan Florian Wirtz saat laga baru berjalan tujuh detik. Gol itu lebih cepat sepersekian detik dari Lukas Podolski saat membobol gawang Ekuador pada 2013.

Selanjutnya, pemain sayap Arsenal Kai Havertz memantapkan keunggulan Jerman di babak kedua. Jerman pun menutup laga uji coba dengan kemenangan dua gol.

Nagelsmann menunjukkan kepuasannya dengan hasil dan performa tim di laga tersebut. Keputusan dia meminta Kroos membatalkan pensiun sejauh ini tidak sia-sia.

Begitu pula dengan pemanggilan para pemain anyar yang langsung melakukan debut. Bahkan bek Maximilian Mittelstaedt menjadi starter dan bermain penuh. Sedangkan Deniz Undav dan Waldemar Anton tampil sebagai pemain pengganti.

Selain itu para pemain yang selama ini menghuni skuat seperti Leon Goretzka, Serge Gnabry, Mats Hummels dan Niklas Suele tak lagi dipanggil. Keputusan itu ternyata memang tepat.

"Kami melakukan start pertandingan yang sangat bagus. Kami bermain sesuai rancangan sejak kickoff pertandingan," kata Nagelsmann.

"Setelah unggul, penting bagi kami untuk mempertahankannya. Di babak kedua, kami berhasil meningkatkan performa dan membuat sejumlah peluang. Saya puas dengan cara kami bermain. Ini yang saya harapkan. Pemain memberikan segalanya setiap saat," ujar eks pelatih Bayern Munchen.

Kemenangan itu setidaknya melepaskan Nagelsmann dari tekanan. Meski tak terpengaruh adanya tekanan karena dianggap dari luar, namun kemenangan itu telah mendongkrak kepercayaan diri pemain.

Mereka pun mulai menunjukkan kesiapan berlaga di Euro 2024 yang digelar di negara sendiri.

"Kepercayaan diri pemain meningkat setelah pertandingan ini, Kami berada di jalur yang tepat dan menjalani laga yang bagus," ucapnya.

Jerman akan melakoni laga uji coba berikutnya dengan menghadapi lawan yang tidak kalah berat, Belanda. Mereka menjamu rival bebuyutan di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB.