Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Jerman Julian Nagelsmann sudah menetapkan skuat awal yang akan berlaga di Euro 2024. Nagelsmann membuat kejutan dengan mencoret bek tengah Borussia Dortmund Mats Hummels. Sebaliknya, dia memasukkan empat kiper di turnamen yang digelar di negara sendiri itu.

Hummels menjadi penentu kemenangan Dortmund di laga kedua semifinal Liga Champions melawan Paris Saint-Germain. Dortmund menang 1-0 dan Hummels mencetak satu-satunya gol di laga tersebut.

Dortmund pun meluncur ke final setelah unggul agregat 2-0. Di final yang ketiga dalam sejarah klub, Dortmund bertemu penguasa Eropa Real Madrid yang sudah 15 kali juara.

Hanya, Nagelsmann tetap tak memasukkan Hummels yang sesungguhnya merupakan salah satu bek tengah terbaik di Dortmund. Pemain berusia 36 ini juga turut membawa Jerman menjadi juara di Piala Dunia 2014.

Namun usianya memang sudah tidak muda lagi sehingga Nagelsmann memilih bek Eintracht Frankfurt Robin Koch yang masuk skuat. Dari skuat Piala Dunia 2017, hanya tersisa Thomas Mueller, Toni Kroos dan kiper Manuel Neuer.

Neuer termasuk salah satu dari empat kiper yang disiapkan Nagelsmann. Ada 27 pemain yang dipanggil dan satu yang bakal dicoret untuk memenuhi kuota 26 pemain

Neuer tidak hanya bersaing dengan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen yang pernah menyatakan lebih pantas menjadi penjaga gawang nomor satu Jerman tetapi juga Alexander Nuebel (VfB Stuttgart) dan Oliver Baumann (Hoffenheim).

"Kami mengajukan empat kiper dan membawa semuanya ke Euro. Nuebel layak dinominasikan," kata Nagelsmann.

"Mengapa empat kiper? Kami tetap butuh kiper saat latihan. Sebelumnya, Manuel tak mendapatkannya. Selain itu, kami tetap bisa mengatur latihan. Saat latihan, berarti ada 22 pemain di lapangan. Saya bisa mengaturnya dengan baik. Bila ada 20 pemain karena ada yang absen, kami masih bisa menjalani latihan dengan baik," ucapnya.

Nagelsmann tak melakukan banyak perubahan dari para pemain yang sudah dipanggilnya sejak tujuh bulan terakhir.

Apalagi, tim menunjukkan performa yang kian menanjak pada laga uji coba sebelumnya saat menang lawan Perancis dan Belanda di laga uji coba.

Mantan pelatih Bayern Munchen ini juga mempertahankan para pemain muda, salah satunya Aleksandar Pavlovic.

Gelandang Bayern berusia 20 ini sesungguhnya absen pada laga uji coba sepanjang Maret karena cedera. Namun Pavlovic tetap dipanggil Nagelsmann.

Nagelsmann yang menggantkan Hansi Flick ini juga memberi kesempatan kepada para pemain Bayer Leverkusen yang menjadi juara Bundesliga Jerman. Mereka yang dipanggil Robert Andrich, Florian Wirtz dan Jonathan Tah.

Jerman yang berada di Grup A Euro 2024 bersaing dengan Hungaria, Skotlandia dan Swiss. Mereka melakoni laga pertama melawan Skotlandia, 14 Juni 2024.

Skuat Jerman

Kiper: Oliver Baumann (Hoffenheim), Manuel Neuer (Bayern Munchen), Alexander Nubel (Stuttgart), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona)

Belakang: Waldemar Anton (Stuttgart), Benjamin Henrichs (RB Leipzig), Joshua Kimmich (Bayern Munchen), Robin Koch (Eintracht Frankfurt), Maximilian Mittelstadt (Stuttgart), David Raum (RB Leipzig), Antonio Rudiger (Real Madrid), Nico Schlotterbeck (Borussia Dortmund), Jonathan Tah (Bayer Leverkusen)

Tengah: Robert Andrich (Bayer Leverkusen), Chris Fuhrich (Stuttgart), Pascal Gross (Brighton), Ilkay Gundogan (Barcelona), Toni Kroos (Real Madrid), Jamal Musiala (Bayern Munchen), Aleksandar Pavlovic (Bayern Munchen), Florian Wirtz (Bayer Leverkusen), Leroy Sane (Bayern Munchen)

Depan: Maximilian Beier (Hoffenheim), Niclas Fullkrug (Borussia Dortmund), Kai Havertz (Arsenal), Thomas Muller (Bayern Munchen), Deniz Undav (Sttutgart)